Apple Segera Uji Self-Driving Car Besutannya

Selama beberapa waktu, telah dirumorkan bahwa saat ini kemungkinan Apple sedang mengerjakan Self-Driving Car untuk menyaingi Tesla dan Google. Kemudian dikabarkan bahwa Apple menurunkan proyeknya dan hanya akan memproduksi perangkat keras tertentu untuk menambah pengalaman berkendara.

Tampaknya Apple masih memiliki rencana untuk menguji Self-Driving Car besutannya, dengan demikian laporan awal kemungkinan benar. Apple telah mengirimkan suatu surat ke National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional. Dalam surat tersebut Apple menyatakan bahwa mereka bersemangat mengenai potensi sistem otomatis di berbagai bidang, termasuk transportasi. Dan bahwa ada manfaat sosial yang signifikan pada kendaraan swatantra.

Surat tersebut ditulis oleh Steve Kenner, direktur produk integritas di Apple. Dalam surat tersebut Apple mendesak NHTSA untuk tidak memaksakan terlalu banyak batasan pada uji Self-Driving Car. Menurut Kenner, semakin banyak batasan pada aturan, maka seseorang akan lebih sulit membuat kendaraan otomatis. Dia yakin bahwa produsen yang telah lama eksis dan pendatang baru harus diperlakukan imbang.

Berbagi Data Antar Produsen Self-Driving Car

Data sharing antar produsen Self-Driving Car juga menjadi fokus dari surat tersebut. Kenner mengajukan bahwa data tabrakan atau kecelakaan yang nyaris terjadi harus digunakan secara bersama oleh seluruh perusahaan yang membuat mobil swatantra agar mereka semua dapat melakukan perbaikan. Dia berargumen bahwa tak ada perusahaan yang dapat mengumpulkan data sebanyak data gabungan. Dan semakin banyak perusahaan memiliki data, akan semakin aman hasil akhir kendaraan tersebut.

Tentu saja Kenner juga menambahkan bahwa data tersebut hanya digunakan secara bersama jika tidak dapat diidentifikasi penggunanya. Dia menyatakan bahwa industri dan pembuat aturan harus  mengatasi tantangan privasi yang berkaitan dengan pengumpulan, penggunaan dan berbagi data kendaraan otomatis, demi menjamin privasi penguna individual.

Ini pertama kalinya rencana Apple mengenai Self-Driving Car diungkap sekilas secara setengah resmi. Kemungkinan akan ada informasi-informasi tambahan yang akan menyusul setelah ini.

(Visited 85 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Comment (1)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.