Inilah Pertanda Ban Motor yang Harus Secepatnya Diganti

Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada kendaraan bermotor. Dalam merawat motor tentu Anda juga harus memperhatikan kondisi ban ketika hendak bepergian. Jika Anda kurang peduli dan kurang memperhatikan terhadap komponen ini, maka kecelakaan seperti pecah ban dan terjatuh saat jalan dalam keadaan licin pun bisa saja terjadi.

Mungkin bagi sebagian orang ada yang tidak tahu kapan ban harus diganti dan ada yang tahu ban  harus diganti tapi mengabaikannya. Nah pertanyaan seputar itulah yang harus tahu jawabannya agar ketika akan melakukan perjalanan jauh bisa melakukan pergantian ban terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengenali waktu yang tepat dalam mengganti ban. Seoran Teknisi Superban mengatakan bahwa ada 3 hal setidaknya yang menunjukkan bahwa ban motor Anda harus secepatnya di ganti.
twi4
Pertama
Harus melihat jarak tempuh yang telah di lalui motor. Hal ini sangat penting diperhatikan dengan seksama. Untuk
ban depan, jarak normal untuk penggantian ban motor adalah 12 ribu kilometer, sedangkan untuk ban belakang 10 ribu KM.
Kedua
Anda harus memperhatikan tanda segitiga yang ada di sela-sela alur kembang ban dengan huruf TWI (Tread wear indicator). Tanda ini merupakan patokan bagi keausan ban. Jika ketebalan kembang ban sudah sama dengan tanda TWI berarti ban motor sudah sangat aus dan perlu adanya penggantian ban dengan cepat.
Ketiga
Ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan secara visual untuk mengetahui kondisi ban yakni dengan mengecek kedalaman alur kembang ban. Jika kedalaman alur sudah terlihat kurang dalam berarti ban sudah tergolong aus dan perlu diganti secepatnya.
Itulah beberapa dari ciri-ciri ban yang harus segera diganti secepatnya. Semuanya itu ada masa gantinya. Jadi sangat berbahaya jika pemiliki motor tidak mengetahui ban motornya sudah harus diganti. Dengan ketidaktahuan tersebut jika ban banyak aus dan sudah tidak layak dapat menyebabkan kecelakaan yang akan merugikan diri sendiri tentunya.
Untuk itu jagalah keselamatan diri Anda dengan merawat kendaraan dengan baik. Semoga bermanfaat !
(Visited 634 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.