Google Berhenti Kembangkan Mobil Tanpa Sopir

Google telah dilaporkan memendam rencana panjangnya untuk mengembangkan kendaraan swatantra demi mencapai kemitraan dengan produsen pembuat mobil yang sudah ada. The Information melaporkan bahwa unit mobil tanpa sopir Google yang secara internal dikenal sebagai Chauffeur sedang bekerjasama dengan perusahaan otomotif ternama.

Kerjasama tersebut untuk mengembangkan mobil yang mencakup fitur self-driving, tetapi tidak menghilangkan setir dan pedal pengendali. Dalam hal ini, Google telah bekerja dengan Fiat Chrysler yang kemitraannya telah diumumkan pada bulan Mei lalu. Hal ini dapat menjadi awal kemitraan dengan perusahaan lain.

Awalnya Google menyingkirkan pendekatan setir dan pedal, tetapi CEO Alphabet Larry Page dan CFO Ruth Porat menarik kembali keputusan tersebut. Mereka menemukan bahwa pendekatan awal tersebut tidak praktis. Meskipun pengujian kendaraan swatantra Google telah mencapai lebih dari dua juta mil di jalan umum.

Pengembangan Layanan Mobil Tanpa Sopir

Sementara Google kemungkinan berhenti membuat kendaraan tanpa sopir, sumber The Information mengatakan bahwa Google masih menambatkan rencana ambisiusnya. Dan saat ini Google sedang bekerja untuk memperkenalkan suatu layanan taksi swatantra sebelum akhir tahun 2017. Google telah lama dirumorkan akan bergerak ke ruang mobil on-demand. Bahkan melalui bisnis Waze, Google menawarkan layanan car pool, tentu saja ini menjadikannya bersaing langsung dengan Uber.

Uber mulai menguji coba taksi tanpa sopir di Pittsburg tahun ini. Sementara perusahaan yang lebih muda, Nutonomy melakukan tes serupa di Singapura dan Boston. Jadi Google sangat berusaha mengejar layanan tersebut.

Google akan mengadakan acara untuk media mengenai bisnis mobil tanpa sopir di California pada hari Selasa. Sehingga kemungkinan akan ada informasi lebih lanjut mengenai hal ini. Mengingat Apple pun telah memutuskan untuk terjun ke bidang self-driving car.

 

(Visited 80 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.