Uber Bekerja Sama dengan Daimler Demi Garap Mobil Tanpa Sopir

Uber baru saa mengumumkan rencananya untuk bergabung dengan raksasa otomotif Jerman, Daimler dalam pengerahan mobil tanpa sopir. Mobil yang menggunakan teknologi swatantra tersebut akan diproduksi oleh Daimler sebelum diperkenalkan dalam jaringan tumpangan panggilan Uber, ungkap perusahaan tersebut.

Kerjasama Uber dengan Daimler

“Pabrik otomotif seperti Daimler sangat penting pada strategi kami, karena Uber tak ada pengalaman membuat mobil. Dan pada kenyataannya membuat mobil sangat sulit,” ucap CEO Uber, Travis Kalanick dalam suatu blog yang dipublikasikan hari Selasa, 31 Januari 2017 waktu setempat. “Hal ini menjadi jelas bagi saya setelah saya mengunjungi pabrik pembuatan otomotif dan melihat seberapa besar usaha dalam merancang, menguji dan membuat mobil.”

Kemitraan ini berbeda dengan yang dimiliki Uber dengan Volvo, dimana peruhsaan tumpangan panggilan dan produsen otomotif Swedia tersebut berkolaborasi bersama dalam menambahkan komponen pada armada XC90 XUV dengan teknologi swatantra Uber. Kendaraan tanpa sopir yang kebanyakan adalah sedan Mercedez Benz akan dimiliki dan dioperasikan oleh Daimler, tetapi digunakan untuk menjemput dan menurunkan penumpang pada jaringan Uber.

Rumor mengenai ketertarikan Uber pada mobil tanpa sopir Daimler muncul ke permukaan pada awal tahun lalu. Informasi tersebut beredar ketika suatu majalah Jerman melaporkan bahwa Uber melakukan pemesanan 100 ribu Mercedes S-Class series dengan Daimler. Majalah tersebut mengutip sumber yang tak disebutkan namanya dari kedua perusahaan. Laporan ini tak pernah diverifikasi dan tampaknya rumor ini akan segera reda.

Langkah Uber

Sejak saat itu Uber mengerahkan mobil tanpa sopirnya sendiri di sejumlah kota. Perusahaan tersebut meluncurkan program kendara swatantra pertama mereka di Pittsburgh yang menggunakan Ford Focus dan kemudian Volvo SUV. Kemudian pada Agustus tahun lalu, Uber mengerahkan mobil Volvo tanpa sopir mereka di San Francisco tetapi dipaksa untuk mematikan program tersebut seminggu kemudian setelah ditindak DMV California. Uber mengirimkan mobil tanpa sopir mereka ke Arizona, tetapi meninggalkan beberapa di San Francisco untuk tujuan pemetaan.

Sementara, Daimler semakin dekat untuk merilis kendaraan semi swatantra untuk bersaing dengan Autopilot Tesla. Mercedez-Benz pertama merilis generasi mendatang dari sistem Drive Pilot pada musim panas ini dalam S-Class yang tak tertandingi. Kendaraan tersebut dicoba pada ajang CES dan dikatakan lebih baik dari Autopilot. Perusahaan telah menguji armada truk tanpa sopir, seperti halnya Uber dengan armada truk Otto mereka.

uber

Pada blog tersebut, Kalanick mengatakan rencana ke depannya untuk bermitra dengan produsen otomotif lain. Ini seiring perusahaan mencari peningkatan teknologi tanpa sopir mereka sendiri dan gerakan tingkat lanjut dari kendaraan swatantra pada jalan umum. Dia juga mengetahui bahwa produsen otomotif harus menjaga Uber dalam jangkauan karena kekhawatiran dampak perusahaan tumpangan panggilan pada inti bisnis mereka dalam menjual mobil ke khalayak.

(Visited 143 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.