Wow…Hyundai Pamerkan Konsep HND-14, SUV Kompak Booming

Hyundai-HND14-compact-SUV-side

Kali ini segmen sport utility vehicle (SUV) kompak booming di dunia beberapa tahun belakangan. Tak heran, jika Hyundai memamerkan sebuah konsep SUV kompak yakni HND-14. Seperti yang sempat diberitakan oleh Financial Express dan Cardekho, bahwa konsep ini telah dirancang di pusat desain Hyundai Namyang di Hwaseong, Korea Selatan. Konsep HND-14 ini di pamerkan di ajang Auto Expo 2016 di New Delhi, India.

Kembali Dikatakan, konsep SUV sub kompak ini akan diposisikan di bawah SUV premium Hyundai Creta. HND-14 menggunakan platform hatchback i20. Karena menggunakan platform yang sama dengan i20, maka dapat diperkirakan versi produksi HND-14 ini akan menggunakan mesin bensin Kappa2 1.2 liter dan mesin diesel CRDi U2 1.4 liter.

Konsep Hyundai HND14 mengusung filosofi desain Fluidic 2.0. Konsep ini juga menggunakan elemen desain yang mirip dengan saudaranya i20 dan Creta. Mobil ini dilengkapi dengan lampu depan sweptback dan desain grille baru Hyundai. Dilihat dari samping, SUV ini tampil dengan desain yang sangat berkelas dan mirip Creta mini dengan lengkungan roda yang hampir mirip. Bagian belakang terlihat terinspirasi dari Creta dan Santa Fe. 

Meningkatnya penjualan kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) di Tanah Air rupanya membawa dampak positif bagi Porsche. Dua model yang bermain di segmen ini, yakni Porsche Cayenne dan Porsche Macan banyak diburu pembeli di Indonesia. Pemilihan varian itu dikarenakan pembeli mobil ini umumnya orang-orang muda dan pertimbangan kondisi jalan.

“Varian SUV paling banyak memberikan kontribusi seperti Cayenne dan Macan. Bahkan Macan yang baru diluncurkan Juni lalu, penjualannya terus meningkat. Namun, SUV sekarang ini dijadikan sebagai kendaraan resminya. Para eksekutif ini umumnya orang berusia muda, atau mereka yang memiliki jiwa muda. “Alasan lainnya adalah kondisi dan karakter jalanan di Indonesia, sehingga dirasa lebih cocok jika memakai SUV.

Public and Media Relation Manager Porsche Indonesia, Salman Farouk Al Hakim mengatakan, saat ini model Porsche yang paling banyak memberikan kontribusi penjualan adalah Porsche Macan. Model SUV entry level bermesin 2.000 cc itu memberikan sumbangan sekitar 40-45 persen dari total penjualan.

(Visited 145 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.