Nutonomy Gandeng Produsen Peugeot untuk Uji Mobil Tanpa Sopir di Singapura

Nutonomy adalah start up mobil tanpa sopir yang merupakan perpanjangan tangan dari MIT pada tahun 2013. Perusahaan tersebut telah menandatangani kesepatan dengan Groupe PSA yang merupakan produsen Peugeot dan Citroen untuk menguji kendaraan swatantra di Singapura.

Singapura merupakan negara yang tak asing bagi Nutonomy. Negara tersebut memiliki hubungan dengan pesaing lokal Uber, yaitu Grab. Selain itu Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura merupakan investor dalam penggalangan dana mereka $16 juta baru-baru ini.

Ikatan baru ini akan menghasilkan teknologi kendaraan swatantra yang mencakup perangkat lunak dan sensor yant terintegrasi dengan versi kustom dari Peugeot 3008. Uji coba tersebut akan bertempat di jalan umum Singapura mulai dari bulan September. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh kedua perusahaan.

Nutonomy merupakan perusahaan yang berpusat di Cambridge, Massachusetts dan juga memiliki kantor di Singapura. Perusahaan ini juga telah menyelenggarakan uji coba di wilayah Boston. Sebenarnya perusahaan ini telah mengalahkan Uber dengan menjadi perusahaan pertama yang menguji taksi-robo di jalan umum. Namun mereka masih memiliki banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk menstabilkan pengalaman penumpang.

Kolaborasi Nutonomy dan Groupe PSA

Kesepakatan perusahaan tersebut dengan Groupe PSA akan mendorong start up tersebut ke depan menuju tujuannya yang ambisius dalam menerapkan taksi-robo komersial di Singapura pada tahun 2018.

“Kami yakin bahwa bekerja dengan Groupe PSA akan membawa kami lebih dekat dengan tujuan kami menerapkan layanan transportasi berdasarkan permintaan bergerak yang sepenuhnya swatantra untuk lingkungan berkendara di perkotaan,” ucap CEO dan pendiri Nutonomy, Karl Ianegma dalam suatu pernyataan.

Sementara untuk Groupe PSA, produsen kendaraan Prancis tersebut mengumumkan program tanpa sopir mereka tahun lalu. Kini perusahaan tersebut telah menguji kendaraan swatantra di Eropa. Dan kabar terkini, perusahaan tersebut telah mengungkapkan rencana untuk menguji kendaraan swatantra dengan sopir yang tidak ahli di jalanan Prancis.

“Kolaborasi ini merupakan langkah signifikan menuju kendaraan swatantra sepenuhnya. Sehingga akan memungkinkan kami untuk menawarkan solusi mobilitas berbeda bagi pelanggan kami,” ucap kepala bisnis laboratorium di Groupe PSA, Anne Laliron.

(Visited 96 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.