Tiga Raksasa Teknologi Kembangkan Platform HMI Mobil Terintegrasi Demi Keamanan dan Kenyamanan Mobil

Netters, tiga perusahaan besar teknologi berkolaborasi untuk mengembangkan platform Human Machine Interface (HMI) terintegrasi pertama di dunia. Ketiga perusahaan tersebut adalah BlackBerry Limited, DENSO Corporation dan Intel Corp.

Pengintegrasian platform HMI ini akan memungkinkan sistem bekerja sama dengan optimal dan mengkoordinasikan berbagai produk HMI dalam kokpit mobil. Beberapa produk HMI tersebut dapat berupa tampilan dan suara yang digabungkan pada kokpit mobil, sehingga harga menjadi murah. Solusi dengan penggabungan ini akan diterapkan pada beberapa tipe mobil yang dijadwalkan meluncur setelah 2019 secara berurutan.

Beberapa tahun terakhir ini, keamanan dan kenyamanan mobil meningkat, sehingga data yang disampaikan dari kendaraan ke pengemudi pun semakin meningkat. Saat ini beberapa sistem HMI melengkapi kendaraan, sehinggga dibutuhkan beberapa sistem operasi khusus untuk bekerja serentak. Pengendalian sistem operasi yang independen dari beberapa mikrokontroler tak memungkinkan untuk mengkoordinasikannya menampilkan konten secara serentak dan seragam.

Pengembangan Platform HMI Mobil Terintegrasi

Pengembangan HMI otomotif terintegrasi ini akan menggunakan QNX Hypervisor garapan BlackBerry untuk virtualisasi dan prosesor Intel Atom A3900. Teknologi hypervisor memungkinkan independensi beberapa sistem operasi dengan ciri khas berbeda dan pengendalian integrasi oleh satu komputer mikro.

Arsitektur tersebut memungkinkan berbagai produk HMI bekerja sama sehingga dapat menampilkan informasi yang dibutuhkan pada perangkat yang tepat di waktu yang pas. Contohnya adalah pengkomunikasian pemberitahuan awal atau peringatan melalui ekspresi yang mudah dipahami pada layar di waktu yang tepat.

Melalui kerja sama antar instrument cluster dan navigation center display kini memungkinkan untuk menampilkan animasi dengan kesatuan antara layar navigasi dalam layar pengukur. Lebih lanjut lagi, dengan memperbarui kinerja salah satu mikrokomputer, kinerja pemrosesan layar dari kedua perangkat diperbarui. Sehingga berperan untuk meningkatkan produktivitas penelitian dan pengembangan, serta penurunan biaya.

“DENSO telah mengembangkan berbagai produk HMI, seperti instrument cluster, sistem navigasi mobil, dan tampilan pemberitahuan awal yang berperan pada keamanan dan kenyamanan kendaraan. Kami telah mengembangkan teknologi HMI untuk mengelola informasi yang akan mendukung evolusi mobil dalam kolaborasi dengan BlackBerry QNX dan Intel,” ucap Yukihiro Kato, Senior Executive Director, Information & Safety Systems Business Group of DENSO.

“BlackBerry QNX yang didukung oleh DENSO dan Intel akan menyediakan kokpit virtual yang mencakup klaster instrumen digital dengan sertifikasi keamanan yang sangat fungsional. Sehingga menjadi standar emas baru dalam industri otomotif,” ucap John Wall, SVP dan GM BlackBerry QNX.

Sementara itu Intel sudah menyediakan teknologi berbagi gravis yang revolusioner dan unik, serta telah dioptimalkan untuk seri Intel  Atom A3900. Teknologi tersebut memprioritaskan dan mengoperasikan beban kerja yang penting untuk keamanan dan beban kerja 3D yang kurang penting pada prosesor yang sama.

Pada acara Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas yang diselenggarakan 9-12 Januari 2019, akan ada booth BlackBerry dan DENSO. Platform HMI terintegrasi dari perusahaan tersebut akan ditampilkan pada booth DENSO.

(Visited 102 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.