Cara Mengatasi Mobil Overheat dan Cara Membersihkan Mesin Mobil

Bagi Anda yang memiliki mobil wajib tau hal ini. Terutama para wanita yang memiliki mobil. Pastinya Anda tidak mau jika mobil overheat atau mesin panas. Tentu akan mengurangi kinerja mobil. Tapi, apa jadinya jika Anda tidak tau cara mengatasinya? Apalagi ketika mengemudi di jalan tol, tentunya tidak mau hal ini terjadi.

Mesin-Panas-Overheat

Cara Mengatasi Mobil Overheat dan Cara Membersihkan Mesin Mobil

Sebenarnya overheat pada mobil dapat kita lihat pada panel temperatur mesin di dasboard mobil. Jika mobil overheat maka jarum menunjuk ke huruf “H” yang berarti Hot.

Jika hal tersebut terjadi pada mobil Anda maka, lakukan tips berikut ini!

Mengatasi Mobil Overheat:

  • Sebelum mobil Anda keluar asap segera tepikan mobil Anda ke tempat yang aman kemudian nyalakan lampu Hazard dan matikan mesin.
  • Jika asap sudah keluar dari mesin sebaiknya jangan dibuka dulu kap mobil Anda, diamkan dulu sampai asapnya hilang kemudian buka kap mobil Anda dengan hati-hati.
  • Cek bagian-bagian yang ada cairannya seperti water pump, selang, radiator dan kolong kendaraan apakah ada bagian yang bocor.
  • Ingat, jika kondisi mesin masih panas jangan buka tutup radiator. Karena pancaran air panas yang bertekanan tinggi pada radiator dapat menyebabkan cedera. Sebaiknya tunggu sampai dingin.
  • Periksa tangki reservior, jika kurang bisa ditambahkan air sambil mesin dalam keadaan hidup.
  • Periksa bagian drive belt mesin apakah kendor atau putus. Jika putus sebaiknya hubungi bengkel terdekat untuk diganti. Jika masih bagus dan tidak bocor, maka mesin mobil dapat normal kembali temperaturnya.
  • Mesin overheat terjadi karena mobil yang sudah berumur atau ada masalah dengan sistem pendingin mesin atau radiator.

Agar mesin mobil Anda tetap sehat dan tidak terjadi masalah. Maka, biasakan untuk membersihkan mesin mobil secara rutin. Membersihkan mesin mobil memang beda dengan membersihkan cap mobil. Tetapi, membersihkan mesin mobil tidak serumit yang Anda bayangkan. Mesin ada di tempat yang tertutup sehingga mudah sekali kotor. Dan jika kotor, mesin bisa mengalami kerusakan yang nantinya akan berdampak fatal pada mobil Anda.

Berikut Tips Membersihkan Mesin Mobil:

  • Persiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti kain pengering, kain bersih, ember, sabun colek, sikat gigi bekas, spray pembersih mesin (bisa didapat di toko aksesoris dan perawatan mobil).
  • Sebaiknya bersihkan mobil ketika mesin dalam keadaan dingin agar tangan tidak terluka ketika memegang mesin.
  • Biasakan sekalian mengecek cairan yang terdapat mada mobil ketika membersihkan mesin mobil. Tidak hanya mengecek masih ada atau sudah habis oli, tetapi cek juga warna oli dan kekentalannya.
  • Gunakan kain lap yang sedikit basah untuk membersihkan bagian yang berdebu.
  • Jika ada bagian rembesan oli, dapat Anda bersihkan dengan menyikat bagian tersebut dengan sikat gigi bekas tadi ditambah sabun colek. Kemudian bilas dengan kain lap hingga kering.
  • Semprotkan spray pembersih mesin pada semua bagian seperti yang berbahan karet, aluminium, besi agar mesin mobil lebih mengkilap.
  • Diamkan bekas semprotan tadi hingga mengering atau bersihkan dengan kain lap agar mempercepat pengeringan.

Membersihkan mesin mobil bisa dilakukan sendiri karena sangat mudah. Tetapi banyak juga orang yang malas untuk membersihkannya apalagi pemiliknya seorang cewek yang kebanyakan takut bila terkena oli. Jika malas sebaiknya bawa mobil Anda ke tempat pencucian mobil dari pada mobil Anda mendapat masalah ketika Anda gunakan berkendara. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda yang ingin tau cara membersihkan mesin mobil.

(Visited 244 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Comment (1)

  1. saya mau tanya Bro.Baru saja, mobil saya Overheat tp mesin tidak bisa dimatikan (padahal kunci di posisi off bahkan kunci sdh saya lepas) terpkasa saya masukkan gigi 5 dan saya lepas kompling.
    pertanyaan saya, kenapa mobil itu ngga bs dimatiin?
    dan saat mesin mati keluar asap yang tebal lalu air keluar, setlh saya cek semua tdk ada yang bocor. cuma air itu keluar dari tempat pengisian air radiator cadangan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.