9 Perawatan Terbaik Untuk Motor Matic Anda

Di Indonesia saat ini, motor matic menjadi yang paling laris. Hal ini disebabkan kemudahan yang ada di motor matic dibanding motor jenis lain. Pria maupun wanita sangat suka memakai motor matic karena, memang mudah dikendarai dari pada motor manual.

Namun, motor matic pun juga butuh perawatan yang berkala. Hal ini ternyata masih kurang dipahami oleh kebanyakan orang. Mungkin dikarenakan mereka belum mengetahui cara merawat motor matic yang baik dan benar. Langsung saja, berikut beberapa tips merawat motor matic yang benar.

Tips Perawatan Terbaik Untuk Motor Matic

merawat-yamaha-mio-j

Panaskan motor sebelum dipakai

Masih banyak orang yang menggunakan motor langsung gas tanpa melakukan pemanasan terhadap mesin. Padahal hal sepele tersebut sangat penting. Karena jika motor tidak dipanaskan terlebih dahulu, mesin motor akan cepat rusak karena oli belum melumasi seluruh bagian mesin. Kendalanya motor saat dikendarai akan tersendat-sendat bahkan tidak dapat jalan kemudian mesin mati.

Jangan sering mengubah kecepatan

Hal ini sering terjadi pada anak muda pengguna motor yang suka tancap gas tiba-tiba dan kemudian rem mendadak. Banyak orang tidak mengetahui hal tersebut, padahal hal tersebut dapat membuat motor matic Anda cepat rusak. Jika ingin seperti itu lakukanlah dengan motor yang memang diperuntukkan untuk itu.

Selalu cek bahan bakar bensin

Kebanyakan orang mengisi bensin ketika bensin sudah menipis, bahkan ada yang menunggu sampai sudah tidak bisa jalan dulu. Usahakan jika jarum penunjuk bahan bakar sudah mencapai E segera mengisi ulang bensin Anda. Jika bensin Anda sampai habis kotoran yang mengendap dalam tangki bensin dapat terserap masuk ke meisn dan dapat menimbulkan masalah pada mesin.

Rutin mengganti oli motor.

Gantilah oli motor Anda setiap 1000 Km dan ganti oli transmisi setiap 5000 Km. Namun jangan hanya menunggu speedometer tersebut, tetap periksalah oli Anda masih bagus atau tidak. Oli dengan warna yang pekat dan terlalu kental membuktikan bahwa oli tersebut sudah tidak layak pakai.

Periksa kondisi aki dan busi

Dua komponen ini sangat penting. Untuk perjalanan yang jauh busi dan aki harus dalam keadaan yang optimal. Pastinya Anda tidak mau jika terjadi masalah ditengah jalan. Dan usahakan mengganti aki dan busi jika sudah bermasalah. Jika perlu siapkan busi cadangan untuk berjaga-jaga dalam perjalanan jauh.

Periksa Roler dan Vantbelt.

Untuk motor matic Anda harus memeriksa 2 komponen ini. Apabila ketika Anda cek komponen itu dalam keadaan sudah tidak optimal lebih baik segera ganti dengan yang baru dan usahakan ganti dengan yang orisinil.

Ganti oli Shockbreaker

Oli tidak hanya terdapat pada mesin motor tetapi juga terdapat pada shockbreaker. Hal tersebut juga perlu pergantian secara rutin. Tujuannya adalah supaya shock motor tidak bermasalah dan tetap berfungsi dengan baik. Jika ingin melakukan pergantian sendiri, oli shockbreaker dapat diganti setiap 10.000 Km.

Gunakan bensin berkualitas

Sekarang tidak sedikit orang yang menjual bensin campuran. Untuk berhati-hati saja sebaiknya isi bensin Anda di POM atau memang tempat penjual bensin yang sudah Anda percaya. Kualitas bensin dapat mempengaruhi kualitas motor kita.

Cuci motor Anda

Usahakan tetap menjaga kebersihan. Kata orang bersih itu sehat, begitu juga dengan motor, bersih itu awet. Cucilah motor Anda paling tidak seminggu 3 kali, lebih baik lagi jika setiap hari dicuci. Mencuci bagian motor tidak susah, apabila Anda malas atau tidak ada waktu Anda dapat mencuci di tempat pencucian.

Demikian sedikit info mengenai cara merawat motor matic agar tetap awet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

(Visited 796 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.