Penyebab Aki Cepat Tekor dan Cara Merawatnya

Untuk Anda yang memiliki kendaraan bermotor wajib tau hal penting tentang merawat aki supaya tetap awet. Jadi, Anda tak perlu repot-repot membawa motor ke bengkel. Sehingga Anda juga bisa memperpanjang usia aki apabila serta meminimalkan anggaran menjadi lebih hemat.

Apa saja sih penyebab aki cepat tekor? Nah, berikut kami berikan beberapa hal penyebab aki cepat tekor.

Penyebab Aki Cepat Tekor dan Cara Merawatnya

70059_2009_05_01_10_07_24_akiol

Klakson

Sering sekali kita temui para biker ataupun pencinta otomotif yang gemar modifikasi motor mereka yang menggunakan klakson mobil di sepeda motor mereka. Modifikasi ini sangat tidak dianjurkan karena klakson tersebut membutuhkan daya listrik yang besar.

Kiprok

Fungsi komponen ini adalah untuk membatasi tegangan dari generator atau yang biasa disebut spull. Besar tengangan yang dikeluarkan generator tersebut tergantung pada putaran mesin yang artinya semakin tinggi putaran mesin semakin tinggi juga tegangan yang dihasilkan. Tegangan tersebut harus dibatasi, karena tegangan tersebut digunakan untuk mengisi baterai. Jika ingin melakukan pengecekan pengisian masih normal atau tidak. Caranya dengan menyalakan mesin antara 4 ribu – 5 ribu rpm kemudian periksa tegangan pengisian. Tegangan yang baik adalah 14- 15 volt.

Bore Up

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui hal ini. Tidak sedikit para biker melakukan bore up untuk meningkatkan kapasitas silinder. Tetapi jika tidak diikuti upgrade elektrik starter, akibatnya karena kompresi yang tinggi elektrik starter menjadi berat untuk memutar mesin. Apabila terus dipaksa dapat menyebabkan aki Anda tekor.

Lampu HID

Dibanding lampu standart memasang lampu HID memang membuat nyala lampu lebih terang. Tetapi Lampu HID memerluka daya listrik yang besar. Apabila tidak disesuaikan dengan spull pengisian aki akan cepat tekor.

Stop Lamp

Switch rem yang rusak mengakibatkan stop lamp menyala terus meski rem tidak ditekan. Apabila tidak segera Anda perbaiki arus listrik akan dari baterai akan mengalir terus, secara otomatis dapat membuat aki cepat tekor.

Itulah 5 faktor aki cepat tekor, dan berikut ada beberapa tips merawat aki kering motor.

Panaskan mesin

Jika motor diistirahatkan dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya tetap lakukan pemanasan mesin motor sekitar 3-5 menit tiap harinya. Hal tersebut bertujuan untuk sistem pengisian listrik tetap terjadi dan akan menyetabilkan penyupaian listrik.

Gunakan kick starter

Ketika melakukan pemanasan mesin dipagi hari, sebaiknya gunakan kick starter. Hal tersebut dilakukan supaya membantu oli agar terpompa lebih cepat melumasi seluruh komponen mesin. Apabila Anda menggunakan starter dan sekali coba belum nyala, sebaiknya jangan langsung menekan kembali saklar starter. Beri sedikit jeda untuk membuat daya aki dapat optimal terlebih dahulu.

Hindari goncangan

Ketika Anda berkendara sebaiknya hindari jalan yang berlubang karena dapat menyebabkan goncangan berlebihan pada kendaraan yang Anda gunakan. Hal tersebut dapat dengan cepat merusak komponen-komponen yang berada di dalam aki.

Selalu cek kabel terminal aki

Alangkah baiknya jika Anda sering memeriksa kabel terminal aki dan pastikan agar selalu tertutup rapat dan bersih. Apabila terlalu lembab ditakutkan akan terjadi konsleting.

Pastikan komponen kiprok berfungsi

Kiprok merupakan komponen yang sangat penting ketika sedang menyuplai listrik ke semua komponen kendaraan. Maka dari itu selalu pastikan kiprok berfungsi dengan baik.

Charger aki

Apabila daya komponen aki sudah melemah segera lakukan pengisian ulang dengan alat khusus yang mempunyai daya kecil dan stabil sekitar 0,5 ampere. Untuk dapat mengisi penuh komponen dibutuhkan waktu sekitar 5-8 jam tergantung besar daya komponen tersebut.

Nah, mulai sekarang harus rutin Anda cek agar aki tetap awet. Selamat mencoba dan salam sukses.

(Visited 286 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.