Cara Backup ARKAS Versi Terbaru 2023 Dengan Mudah

Neton.id – Cara backup ARKAS, atau yang biasa dikenal dengan aplikasi rencana kegiatan dan anggaran sekolah sebenarnya tidak terlalu rumit. Karena proses ini bisa disamakan dengan saat kalian melakukan proses serupa pada software lain. Meskipun tidak bisa dilakukan secara otomatais, setidaknya mereka masih memberikan satu opsi yang harus diselesaikan secara manual.

Belakangan ini memang banyak sekali aplikasi yang dikembangkan untuk memudahkan kita, sebagai manusia agar melakukan pekerjaan dengan cukup mudah. Sebagai salah satunya adalah arkas ini, meskipun cara kerjanya lumayan simpel, sepertinya ini sangat membantu bagi mereka yang perlu mencatat sesuatu. Sehingga rencana tentang sebuah anggaran sekolah misalnya, bisa di data di dalamnya.

Software semacam inilah yang kemudian menjadi salah satu yang banyak dimanfaatkan oleh komite sekolah, karena beberapa pekerjaan, seperti yang sudah kami sebutkan di atas menjadi lumayan simpel. Selain itu juga, mereka, yaitu developer yang membuat aplikasinya, banyak menyediakan fitur yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh orang yang menggunakannya.

Aplikasi tersebut sebenarnya dibuat oleh BOS, agar beberapa laporan yang di input oleh sebuah institut pendidikan seperti sekolah dasar, ataupun taman kanak-kanak bisa mereka lihat dari sebuah software. Sehingga beberapa hal yang tadinya perlu dilakukan secara manual bisa diselesaikan secara online yang bisa dibilang tidak terlalu banyak merepotkan pihak yang bersangkutan.

Apa Itu Backup, dan Bagaimana Cara Melakukannya di ARKAS?

Pertama mari kita kenali terlebih dahulu apa itu sebuah backup, karena mungkin saja beberapa dari kalian belum mengetahui istilah tersebut. Backup, atau yang ketika di alihkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi pencadangan data adalah sebuah kegiatan untuk menyimpan salinan sebuah data.

Data tersebut bisa termasuk apa saja, baik mereka yang tergolong penting, ataupun tidak sama sekali. Karena kegiatan tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengamankan kedua hal tersebut. Agar kelak ketika ada eror ataupun tidak sengaja terhapus kalian masih memiliki salinannya, dan bisa kalian upload lagi ke dalam aplikasinya.

Proses backup sebenarnya bisa melalui cara apa saja, bisa dilakukan secara manual, ataupun otomatis. Namun sepertinya ARKAS belum memiliki sistem pencadangan data yang dilakukan secara auto, jadi untuk saat ini pendekatan yang diperlukan harus melalui proses manual. Berbeda dengan Whatsapp yang akan melakukan back up secara auto pada jam yang sudah ditentukan.

Karena proses back up melalui ARKAS perlu dilakukan secara manual, maka ada salah satu komponen penting yang perlu kalian siapkan. Atau lebih simpelnya adalah tempat untuk menyimpan data tersebut. Untuk memudahkan proses pemindahan, kami rasa perangkat seperti komputer, ataupun laptop akan menjadi rekomendasi yang pas. Karena kami rasa akan lebih mudah.

Cara Backup ARKAS

Karena cara kerja back up sudah kami sebutkan di atas, selanjutnya adalah tutorial untuk melakukan proses pencadangan data ARKAS. Untuk caranya sendiri tidak terlalu membingungkan, jadi kami rasa untuk melakukannya akan lumayan mudah. Agar tidak ada kesalahan yang timbul nanti, ikuti langkahnya satu per satu.

  1. Siapkan komputer sebagai salah satu media yang dipakai untuk melakukan backup
  2. Buat folder pada driver apapun, terserah kalian, pastikan namanya dibuat dengan data yang bersangkutan agar tidak membingungkan nantinya
  3. Jika sudah, kalian perlu mengakses kolom pencarian untuk menemukan file yang bersangkutan
  4. Masukan %appdata% pada kolomnya, dan tunggu sampai hasilnya muncul, proses akan sedikit lama jika ada banyak file dengan nama serupa
  5. Setelah selesai, cari Folder atau menu yang disebut dengan Artech, klik lalu cari folder yang dinamai RKAS
  6. Dan itulah data aplikasi yang perlu kalian amankan, klik kiri, lalu pilih copy, dan paste kan pada folder yang sudah dibuat tadi.

Itulah beberapa proses yang perlu kalian lakukan untuk mencadangkan file pada aplikasi ARKAS, seperti yang kami sebutkan, prosesnya lumayan mudah. Dan untuk mencegah kehilangan file, kami rasa proses back up perlu sesegara mungkin untuk kalian lakukan. Agar nantinya tidak kehilangan data penting yang sudah dibuat.

Apa Itu ARKAS?

Karena cara backup ARKAS sudah selesai kami jelaskan di atas, kami rasa definisi mengenai apa itu ARKAS akan menjadi lumayan penting juga. Beberapa tahun lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki mekanisme baru yang disebut Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang memungkinkan Tim BOS sekolah untuk menginput RKAS.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah menerbitkan ARKAS Versi 2, dan sampai saat ini masih berkemabang, dan dibuat untuk melaksanakan prosedur input RKAS periode anggaran untuk beberapa tahun ke depan. Karena sepertinya proses tersebut masih dilakukan sampai sekarang, jadi topiknya masih dicari.

Salah satu implementasi Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang di terapkan pada tahun 2020 lalu. Daya dukung BOS untuk kebutuhan operasional sekolah diperkirakan akan meningkat sebagai akibat dari mekanisme baru pengalokasian dan penggunaan dana BOS Reguler.

Sekolah harus mencermati, dan juga memperhatikan pedoman pengelolaan Dana BOS Reguler untuk mendukung program BOS yang transparan dan akuntabel, atau lebih tepatnya dapat di percaya. Salah satu tugas dan kewajiban tim BOS sekolah adalah memasukkan RKAS ke dalam sistem yang disediakan Kementerian sesuai dengan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.

Fakta Mengenai ARKAS, dan Cara Backup yang Mudah Dilakukan

Seperti yang sudah kalian ketahui, untuk melakukan proses backup pada ARKAS memang mudah untuk dilakukan, karena hanya ada beberapa step saja yang perlu kalian ikuti. Beberapa masalah yang mungkin akan timbul biasanya proses pencarian file yang lumayan lama. Namun hal itu dapat dengan mudah untuk diatasi.

Dibuat Untuk Mempermudah Laporan RKAS

Tujuan awal dari pembentukan aplikasi ini adalah untuk mempermudah proses laporan dana yang diberikan oleh bos kepada beberapa sekolah tertentu. Institut pendidikan yang termasuk ke dalamnya adalah taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah. Yang kita tahu masih mendapatkan bantuan dari BOS.

Proses ini dilakukan melalui sebuah aplikasi yang dikenal dengan sebuat ARKAS, dan definisinya sudah kami masukkan pada bagian khusus di atas. Untuk mencegah kehilangan data penting yang sudah kalian buat, baiknya lakukan proses backup. Dan sepertinya untuk saat ini masih masuk ke dalam trending topik, oleh karena itu, silahkan lakukan secepat mungkin.

Dirancang Khusus Agar Bisa Berjalan di OS Windows

Untuk saat ini aplikasi ARKAS hanya bisa dijalankan pada os windows yang dibuat khusus agar bisa berjalan pada perangkat komputer. Untuk kabar mengenai aplikasi yang dibuat untuk android sepertinya belum ada. Jadi proses laporan hanya bisa dilakukan pada windows.

Ketahui Fitur Aplikasi ARKAS, Setelah Kalian Selesai Mengetahui Cara Backup

Ada banyak sekali fitur yang mereka buat agar memudahkan para penggunanya, dan informasi ini kami rasa akan lumayan penting untuk diketahui. Khususnya bagi mereka yang memiliki tugas untuk melaporkan data penting dan perlu menggunakan aplikasi tersebut untuk menyelesaikannya.

  1. Menyesuaikan tampilan. Untuk bagian ini sepertinya akan lebih dibaut simpel, agar mereka yang menggunakan layanan tersebut tidak merasa kebingungan saat melakukan laporannya kelak.
  2. Aktivasi BKU diubah dari triwulan ke tahapan. Laporan realisasi (K7a) diubah dari per triwulan menjadi per semester. Perubahan tersebut dilakukan karena ada hal yang diperkirakan kurang sesuai pada saat itu.
  3. Aturan juknis BOS terbaru digunakan untuk referensi kode.
  4. Karena referensi kode yang totalnya berbeda, salinan anggaran tahun sebelumnya untuk SMA, SMK, dan SLB dihapus.
  5. Data siswa diperbarui berdasarkan Kepmendikbud Penambahan anggaran pembayaran honor guru, tenaga administrasi, pegawai perpustakaan, penjaga sekolah, satpam, dan pegawai kebersihan, dan guru yang ber-NUPTK dan belum bersertifikat.

Itulah beberapa pembaruan yang diterapkan pada aplikasinya belakangan ini, akan ada perubahan terbaru juga sepertinya. Mengingat data ini kami ambil dari halaman resmi yang dibuat pada tahun 2020. Untuk itu, jika aplikasinya mendapatkan update terbaru mengenai kebijakannya, kalian bisa langsung melihatnya pada website kemendikbud saja.

Apakah Cara Backup ARKAS Secara Manual Aman Dilakukan?

Seperti yang sudah kami bicarakan di atas, sepertinya mereka belum menambahkan proses update yang bersifat otomatis, cara manual adalah satu-satunya yang bisa dilakukan untuk mencegah kehilangan data. Dan proses seperti ini sebenarnya aman, asalkan kalian sudah memindahkan file yang tepat.

Masalah akan terjadi ketika beberapa file yang seharusnya tidak perlu dipindahkan tidak sengaja terharpus, ataupun terkena cut. Sehingga program aplikasinya tidak akan berjalan seperti biasanya dikarenakan mereka kehilangan beberapa part penting. Jadi, saat melakukan proses back up file arkas ini, kalian perlu memperhatikannya. Karena hanya ada satu file saja yang perlu kalian copy.

Lalu bagaimana jika kalian tidak sengaja memindahkan dengan cara meng-cut file penting pada aplikasinya? Tenang saja, selama kalian sudah berhasil mengamankan data penting berupa laporan tersebut ke dalam folder yang sudah disiapkan, kami rasa akan aman-aman saja, jadi kalian tidak perlu khawatir. Ada satu hal yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Jika file sudah dipastikan aman, kalian hanya perlu menginstall ulang aplikasi atau softwarenya saja, untuk mendapatkannya kalian bisa mengunjungi halaman resmi kemendikbud, dan mereka akan menyediakannya sampai versi yang terbaru. Jika sudah, kalian hanya perlu mem-paste kan file tadi ke dalam file Artech, dan jika sudah, aplikasinya akan berjalan dengan seperti biasa.

Bagaimana Cara Mengembalikan File Backup ARKAS?

Sebelumnya sudah kami sebutkan sedikit, namun untuk lebih simpelnya bisa kalian simak di bawah ini.

  1. Masuk ke dalam folder tempat backup file arkas tadi
  2. Jika sudah silahkan copy untuk mencegah kegagalan proses pemindahan
  3. Pastikan aplikasi arkasnya sudah terinstall
  4. Klik kanan pada logo aplikasinya, lalu pilih file location
  5. Menurut tutorial dibeberpa website, kalian perlu mencari folder artech
  6. Ketuk, dan paste kan file tadi ke dalam folder arkas
  7. Buka aplikasinya, dan lihat perubahan yang ada.

Kesimpulan

Itulah salah satu cara manual yang bisa kalian lakukan untuk melakukan proses back up pada arkas. Sisanya, cukup ikuti instruksi yang telah kami sediakan di atas. Lalu foto yang telah dimasukkan disini, jelas bukan milik kami.