Serunya Bermain Game dengan Nintendo Switch!

Salah satu nilai jual dari Nintendo Switch adalah sifatnya yang hybrid. Ini adalah tablet yang sepenuhnya portabel dan juga konsol rumahan yang dapat dihubungkan ke televisi. Tetapi hal yang paling membuatnya enak dimainkan adalah controller baru yang sangat fleksibel dan fungsional, yaitu Joy-Con. Controller inilah yang menyatukan seluruh konsep Switch, sehingga dapat bermain berbagai macam game dalam konfigurasi yang berbeda tanpa harus membeli perangkat tambahan lain yang mahal. Serunya lagi perangkat tersebut dapat bekerja dengan baik, beralih dari satu mode ke mode lain dapat praktis dilakukan dengan mulus.

Setiap Switch  akan disertai dengan dua Controller kecil yang diberi nama Joy-Con (L)  dan Joy-Con (R). Keduanya memiliki bermacam tombol, joystick, dan keduanya memberi umpan balik getaran dan pengendali gerakan. Sejumlah konfigurasi dapat digunakan pada perangkat tersebut.

Saat bermain The Legend of Zelda: Breath of the Wild dengan menghubungkan ke televisi besar, tampilan tampak begitu mengesankan. Tampak dunia yang begitu besar di hadapan. Nah, ketika ingin beralih bermain ke tablet, cukup lepas controller pada bagian samping tablet Switch. Maka hanya dalam beberapa detik, permainan Zelda tersebut dapat dilanjutkan pada tablet berukuran 6,2 inci tersebut.

Beberapa Cara Memainkan Nintendo Switch

  • Kedua Joy-Con dapat dipasang pada selongsongan yang disebut Joy-Con Grip, sehingga terasa seperti controller Tampilannya memang agak aneh, tetapi mantap untuk dipegang. Rasanya seperti menggunakan controller pada Xbox One. Perangkat ini juga dapat digunakan untuk memainkan game tradisional seperti Breath of the Wild
Joy-Con
Joy-Con (Sumber: The Verge)
  • Joy-Con juga dapat digunakan sebagai controller dengan gerakan, mirip seperti kombinasi nunchak dan Wii remote, tetapi tanpa kabel untuk memegangnya bersama. Setiap Joy-Con dapat dipegang pada masing-masing tangan dan perangkat tersebut akan mendeteksi gerakan. Sehingga dapat melakukan tindakan seperti menonjok pemain lain pada game tinju baru Arms. Perangkat tersebut benar-benar terasa lebih akurat ketimbang pilihan pengendali gerakan Nintendo sebelumnya. Contohnya pada Arms, perangkat ini dapat mendeteksi pukulan lurus dengan pukulan yang sedikit melengkung.
Joy-Con (Sumber: The Verge)
Joy-Con (Sumber: The Verge)
  • Switch memiliki sandaran sehingga dapat didirikan pada meja atau permukaan datar lain. Pada mode ini Joy-Con dapat digunakan sebagai dua controller Jika controller tersebut dipegang menyamping seperti pada gamepad NES, maka mode ini memungkinkan untuk bermain berdua. Sehingga bisa memainkan Mario Kart 8 Deluxe bersama teman tanpa harus memasang aksesori tambahan.
  • Controller yang menyamping juga dapat bekerja dengan baik untuk memainkan game 2D jaman dahulu. Joy-Con memang terasa agak kecil, tetapi pada mode ini dapat berfungsi dengan sempurna dan terasa sangat alami untuk game seperti Sonic Mania.

Mungkin Nintendo Switch ini terasa cukup membingungkan dengan beberapa konfigurasi yang menawarkan berbagai cara untuk memainkan game. Tetapi mungkin hal yang paling mengesankan dari perangkat ini adalah betapa mudah melakukan itu semua. Semua pilihan tersebut tersedia dalam serangkaian perangkat yang dikemas dalam kotak paket. Jadi controller yang sama dapat digunakan untuk bermain Zelda di TV, Mario Kart dengan teman, atau game tinju dengan pengendali gerakan. Joy-Con terasa nyaman dipakai pada setiap konfigurasi. Beralih antar konfigurasi pun dapat dilakukan dengan begitu mudah.

 

(Visited 195 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.