Prestasi Penjualan Switch Dibandingkan Wii dan Wii U

Minggu lalu, Nintendo mengumumkan bahwa konsol baru mereka, Switch, terjual 2,74 juta unit. Angka tersebut merupakan hasil penjualan sejak diluncurkan 3 Maret hingga 31 Maret, akhir kuartal terakhir Nintendo. Grafik dari Statista menunjukkan prestasi penjualan Switch dibandingkan dua konsol Nintendo terakhir, yaitu Wii dan Wii U pada masing-masing kuartal pertama. Terlihat perbedaan kinerja penjualan antar ketiga perangkat tersebut.

Ini merupakan kabar baik bagi Nintendo. Perusahaan tersebut awalnya hanya diprediksi akan menjual 2 juta unit Switch pada bulan pertama. Tentunya ini menjelaskan kenapa perusahaan tersebut menggunakan pesawat untuk mengirimkan perangkatnya memenuhi permintaan. Penjualan Switch juga cukup baik di luar musim liburan, ketika Wii dan Wii U melakukan awal penjualan mereka.

Prestasi Penjualan Switch

Nintendo juga menghadirkan dua game besar untuk Switch. Kedua game tersebut adalah The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan update dari Mario Kart. Tampaknya kedua game tersebut cukup bagi basis penggemar Nintendo, bahkan Breath of the Wild telah melampaui penjualan konsol itu sendiri. Nintendo mengatakan bahwa hampir setengah dari pemilik Switch di Amerika Serikat membeli Mario Kart 8 Deluxe pada hari peluncurannya saja. Permintaan yang begitu besar untuk semua produk Nintendo merupakan alasan mengapa penjualan konsol Switch setara dengan Wii dan Wii U.

Fakta penjualan awal Switch yang setara dengan Wii dan Wii U memang patut diingat. Perangkat sebelumnya merupakan keberhasilan besar dalam riwayat perusahaan. Sementara perangkat terakhir merupakan suatu kegagalan. Konteks yang lebih luas dari industri teknologi memegang peranan pada setiap hasil. Tetapi konsol di masa awalnya selalu saat penggemar terbesar paling mau membelinya. Jelas bahwa Nintendo memiliki penggemar fanatik jika dibandingkan perusahaan kebanyakan. Jika Nintendo berhasil membuat orang di luar basis penggemarnya untuk membeli Switch, tentu akan menentukan seberapa baik penjualan perangkat tersebut dalam jangka panjang.

(Visited 149 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.