Hape Kemasukan Air? Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengatasinya

Mungkin sebagian besar Anda Pernah mengalami Hape yang terjatuh dan kemasukan air? Atau mungkin juga Hp Anda ikut tercuci di dalam mesin cucian karena lupa? Bagi Anda yang baru pertama kali mengalami hal ini, pastinya sudah menyangka bahwa Hape Anda akan rusak dan tidak dapat digunakan lagi bukan?

Namun Anda jangan khawatir karena sekarang ini telah banyak solusi untuk mengatasi Hape yang kemasukan air.

#1.Jangan Terlalu Panik

Langkah pertama, Anda tidak boleh panik. Pasalnya, jika panik bisa saja Anda jadi korban ketika menyelamatkan Hp tersebut. Segera ambil Hape dari air dengan hati-hati. Perhatikan dulu apakah ada sambungan listrik pada Hape tersebut yang bisa memicu sengatan listrik ketika Anda mengambilnya.

hp-kemasukan-air

#2. Lepas Baterai dan SIM Hape

Setelah mengambil Hape dari dalam air segera taruh di atas handuk kering atau kain kering sambil melepas baterai, SIM, dan kartu memori (jika ada). Keringkan baterai, SIM, dan kartu memori ini dengan handuk lain. Simpan di tempat tersendiri

#3. Gunakan Vacuum Cleaner

Usahakan menggunakan vacuum cleaner ketimbang hair dryer. Hal ini bisa dilakukan setidaknya selama 20 menit. Namun ingat, usahakan jarak antara Hape dan vacuum cleaner tidak terlalu dekat karena ditakutkan bisa menimbulkan listrik statis yang mampu merusak Hape. Selain itu, hindari hair dryer karena mengeluarkan panas yang bisa melelehkan komponen Hape.

#4. Rendam Hp Dalam Beras

Sebaiknya rendam dulu Hape dan baterai dalam beras selama beberapa jam. Lebih lama direndam, kadar air akan mampu diserap dengan baik oleh beras. Beras sendiri adalah material kering yang mampu menyerap air dengan baik.

#5. Lakukan Pengetesan Pertama

Setelah yakin Hape benar-benar kering, maka Anda harus membersihkan dari beras dan debu dengan kain kering secara lembut. Lalu Anda masukkan satu persatu pada Hape baik baterai dan SIM. JIka berhasil menyala lalu terasa panas maka masih ada kandungan air di dalamnya. Anda cukup bersihkan dengan dengan seksama.

Itulah cara-cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk membuat Hape yang kemasukan air menjadi aman dan menyala kembali.

(Visited 796 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.