Garmin Edge 1030, Komputer GPS Pendamping Bersepeda

Netters, Garmin memang semakin fokus menggarap produk kebugaran. Setelah menghadirkan berbagai jenis smartwatch dengan fitur olahraga dan kebugaran, kini Garmin meluncurkan Edge 1030, gawai canggih pendamping bersepeda. Gawai ini memiliki fitur pengaturan navigasi, kinerja dan aktivitas bersepeda dengan bobot ringan.

Perangkat ini memakai aplikasi Garmin Connect untuk mencari dan menampilkan rute terbaik dan nyaman untuk bersepeda. Segala medan dapat ditempuh berkat Garmin Cycle Maps yang mengarahkan belokan demi belokan dan memberi peringatan bila ada tikungan tajam.

Edge 1030

Perangkat ini memiliki layar sentuh kapasitif berukuran 3,5 inci dengan resolusi tinggi dan bisa dioperasikan dengan sarung tangan. Kecerahan layar pun dapat disesuaikan otomatis  berkat keberadaan sensor cahaya yang mendeteksi kondisi sekitar. Sehingga tampilan angka latihan atau petunjuk lain dapat dilihat dengan jelas baik dalam kondisi siang maupun malam hari.

“Edge 1030 adalah komputer bersepeda yang kompatibel dengan rangakaian produk bersepeda Garmin lain. Produk tersebut mencakup pengukur tenaga Vector 3 dan 3S, cycling awareness Varia seperti Varia UT800 Smart Headlight dan Varia Rearview Radar. Sehingga pesepeda dapat menempuh jarak lebih jauh,” ucap Engelhard (Al) Sundoro, Managing Director Garmin South Asia.

Selain panduan menggunakan Garmin Connect dan Garmin Cycle Maps, perangkat ini juga bisa mengirim pesan atar pesepeda. Tersedia juga fitur untuk mengirim lokasi ke kontak darurat jika terdeteksi insiden atau masalah. Fitur GroupTrack dan LiveTrack memungkinkan teman atau kontak lain melacak lokasi pesepeda secara real-time.

Perangkat ini juga disertai Strava Live Segments versi terkini yang berisi kompetisi dan segmen lebih baik. Bila pengguna meningkatkan ke Strava Premium, maka ada lebih banyak konten yang dapat diakses, mencakup lomba real-time hingga segmen terpopuler. Pesepeda bisa memberi tanda bintang pada segmen Strava favorit dan menerima informasi mengenai segmen yang akan datang.

Perbandingan kinerja detik demi detik dengan pesaing pun akan diterima secara real-time dengan data kecepatan sesungguhnya, bukan sekedar rata-rata. Segmen populer dan segmen terkenal bisa dilihat dengan Sement Expllore yang baru. Rute yang diberi tanda bintang pun dapat disinkronisasi secara nirkabel berkat aplikasi Strava Routes Connect IQ. Sehingga dapat melihat navigasi dan berkompetisi pada segmen Strava favorit di saat bersamaan.

Latihan harian pun dapat dilakukan menggunakan aplikasi TrainingPeaks Connect IQ yang memandu pesepeda secara real-time. Panduan tersebut dilengkapi dengan target intensitas dan durasi interval, setelah disinkronisasi, tampil analisa rinci tentang latihan tersebut. Sementara itu seluruh rencana lomba bisa dilihat melalui aplikasi Best Bike Split Race Sync. Aplikasi tersebut menampilkan perubahan berat, tenaga dan drag yang mempengaruhi sasaran waktu lomba.

Edge 1030 bisa dipasang sejajar dengan setang sepeda menggunakan flush mount baru. Masa aktif baterai sampai 20 jam dan kompatibel dengan aksesori battery pack yang terintegrasi dengan Garmin Charge. Sehingga baterai dapat diisi selama bersepeda dan mampu memperpanjang masa aktif sampai 24 jam lagi.

Harga dan Ketersediaan Garmin Edge 1030

Perangkat ini dibandrol dengan harga Rp 12.429.000 yang bisa dibeli di toko-toko sepeda khusus. Di Jabodetabek, lokasi penjualan terdapat di Specialized Bintaro, Specialized BSD, Pro Bicycle, Velo Cycle, Eurocycle, Gowes Bike, Overflow Coffee. Selain itu tersedia juga di Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Solo. Bandung: JC Bike. Surabaya: Rukun Makmur, SSC, Cyclecorp. Daerah Istimewa Yogyakarta: Harmony Cycle, AB Bike. Solo: Solo Paradiso. Semarang: Bike Gallery Semarang. Bali: Colnago, Specialized Bali.

(Visited 108 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.