LG Perbarui TV OLED LG dengan Dolby TrueHD Secara OTA

Netters, dalam rangka merayakan hari televisi sedunia, LG memberikan peningkatan audio pada TV OLED LG keluaran tahun 2017. Peningkatan itu berupa teknologi Dolby TrueHD yang memberikan kualitas audio resolusi tinggi. Fitur tersebut akan menyertai fitur Dolby Vision yang sudah ada sebelumnya untuk meningkatkan kualitas gambar.

Teknologi Dolby TrueHD

“Perpaduan teknologi visual dan audio terkini akan memantapkan TV OLED LG dalam menyajikan pengalaman menikmati hiburan dari TV yang lebih baik. Teknologi audio Dolby tanpa kompresi ini akan diberikan melalui pembaruan firmware secara over-the-air (OTA). Sehingga TV OLED LG semakin lengkap dengan teknologi Dolby TrueHD,” ucap Gloria Mariawaty, Product Marketing Home Entertainment PT LG Electronics Indonesia.

Sebelumnya penyedia konten 4K UHD Blu-ray pun telah mengadopsi Dolby TrueHD. Kini keberadaan Dolby TrueHD pada TV OLED LG akan memberikan sensasi audio resolusi tinggi ketika menonton film. Kelengkapan Dolby AC-4 decoding sebagai generasi teknologi audio terkini berbasis objek akan menyajikan audio tiga dimensi layaknya berada dalam film. Suara yang dihasilkan akan melingkupi ruang keseluruhan.

Pembaruan tersebut juga menghadirkan Codec MAT (Metadata-enhanced Audio Transmission) yang menyaikan audio resolusi tinggi secara nirkabel dengan opsi streaming. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan ke perangkat audio sound bar yang kompatibel.

Teknologi Dolby TrueHD akan segera hadir bulan ini melalui pembaruan firmware. Sehingga pada TV OLED LG seri 2017 mendapatkan peningkatan dua teknologi utama hasil kolaborasi dengan Dolby. Sebelumnya kolaborasi antara Dolby Laboratories dengan LG menghadirkan Dolby Vision dan Dolby Atmos pada seri TV OLED LG tahun 2017.

Teknologi Dolby Vision

Dolby Vision memberikan kemampuan reproduksi gambar High Dynamic Range (HDR) yang lebih baik ketimbang HDR10 pada TV berkemampuan HDR lainnya. Kelebihannya terletak pada metadaat dinamis yang memroses peningkatan gambar tiap adegan dengan lebih pintar. Sehingga tiap warna tampil seakurat mungkin dengan tingkat kontras dan kecerahan yang optimal.

Sementara pada teknologi HDR 10 hanya tersedia metadata statis yang berisi informasi dasar. Metadata statis ini hanya berperan sebagai panduan pemrosesan gambar yang berlaku untuk keseluruhan film atau acara TV. Sehingga beberapa adegan tak ditampilkan dengan warna yang optimal.

Teknologi Dolby Atmos

Dolby Atmos adalah teknologi tata suara inovatif yang terdapat di bioskop kelas premium. Pada TV OLED LG terbaru, ada dua fitur andalan Dolby Atmos, yaitu Object Based Sound dan Full 360 Surround Sound.

Object Based Sound adalah kemampuan Dolby Atmos mengenali dan menangkap suara masing-masing objek secara individual dengan kemampuan maksimum 129 objek. Kemampuan ini menangkap suara untuk diubah menjadi suara tiga dimensi yang menyesuaikan pergerakan objek dalam adegan.

Sementara itu sesuai dengan namanya, Full 360 surround sound mengasilkan suara yang mengalir dari segala arah. Sehingga tiap adegan pada layar memperdengarkan kenikmatan audio dengan jelas dan ketajaman lebih dalam dari segala arah.

“TV OLED LG merupakan pilihan tepat bagi yang menginginkan menikmati konten berkualitas visual dan audio tinggi sesuai visi kreatornya. Ini merupakan kado istimewa dari LG menyambut hari Televisi Sedunia,” lanjut Gloria Mariawaty.

(Visited 51 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.