Advan- Mars Research Beberkan Hasil Survei Smartphone Idaman Masyarakat

Upaya untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia kini menjadi proyek strategis yang tengah ditempuh ADVAN. Selain melibatkan banyak pihak, perhitungan yang detail mutlak diambil ADVAN agar produk terbarunya nanti mampu memberikan nilai lebih dari yang sekedar diinginkan pasar.

Kali ini, selain mengungkap fakta hasil survey bersama MARS, ADVAN juga mengungkap fakta hasil dari pengembangan tim R & D internal ADVAN mengenai trend teknologi smartphone dunia. Kedua fakta tersebut bakal menjadi acuan dalam mewujudkan produk impian yang kini tengah dikembangkan ADVAN bersama pakar telekomunikasi ternama, Hasnul Suhaimi.

Suryo A. Soekarno, Commercial & Business Development Director MARS research specialist mengungkapkan bahwa, hasil risetnya kini adalah pengembangan dari survey online yang dilakukan ADVAN sebelumnya.

2.AHA

Lebih dari 56% responden mengganti smartphone lama dengan yang baru antara 1-2 tahun. 20.6% mengganti setelah lebih dari 2 tahun. Hanya (1,4%) responden yang melakukan pergantian smartphone lama dengan yang baru kurang dari 3 bulan pemakaian & (2,4%) respondent mengganti smartphone yang dimiliki untuk 4-6 Bulan pemakaian. Sebagai alasan utamanya mereka mengganti smartphone lama dengan smartphone baru karena sudah ingin cari model terbaru (31%) & karena smartphone yang lama sudah rusak (19%).

Kemudian untuk hal yang paling dikeluhan oleh responden dalam menggunakan smartphone adalah daya tahan baterai yang cepat habis (33,5%), cepat panas (14,4%) dan browsing lambat / lama (14,8%). Sedangkan untuk fitur yang paling dicari masyarakat Indonesia saat ini adalah Smartphone tipis dengan berat kurang dari 140 gram, Layar 5 Inci, Dual Camera, Dual Sim Card, RAM – internal memory besar, Kecepatan Processor diatas 1.8 GHz, kapasitas baterai lebih dari 2500 mAH, dan OS Android.

Secara bersamaan, ADVAN pun dalam hal ini, tim R & D telah melakukan survey secara internal untuk mengetahui produksmartphone yang paling tepat untuk konsumen Indonesia.

4.AHA

Andy Gusena, Brand Director ADVAN menuturkan bahwa perkembangan industri smartphone sangat bergantung dengan trend yang terjadi di dunia. ADVAN telah melakukan survey dengan responden kurang lebih 300 orang dan berhasil menemukan keinginan bahwa smartphone itu harus memiliki permukaan halus, nyaman digenggam layaknya orang bersalaman. Selain itu, desainya harus bagus mengikuti trend dunia serta memiliki fitur dengan kualitas yang optimal. Fokusnya bukan pada ukuran besar megapixel, tetapi lebih kepada kualitas hasil yang diperoleh. ADVAN saat ini fokusnya bagaimana mengoptimalisasi seluruh fitur yang ada dengan lebih berkualitas didukung Samsung Lens dan MediaTek.

Selain itu, pihak R & D juga melihat UI (User Interface) yang sedang trend dan digandrungi konsumen adalah UI yang dikembangkan iPhone.“Inilah salah satu bocoran produk yang akan dirilis ADVAN yang acuannya berdasar pada hasil survey yang dilakukan oleh MARS maupun R&D,” tegas Andy.Lebih lanjut Andy mengakui bahwa berbagai masukan yang diterima mewakili ide dan harapan masyarakat. “Mimpi dan semangatnya sama. Perlu racikan yang pas untuk bisa mengakomodir semua fakta yang kita temukan,” ujar Andy.

Selain survey MARS yang dijadikan acuan, ADVAN juga terus menampung berbagai masukan masyarakat melalui kanal surveyhttps://www.surveymonkey.com/r/ND27372. Hal ini sangat penting sebagai masukan terhadap produk yang sedang dikembangkan ADVAN.

“Survey ini, sekaligus membuka keterlibatan masyarakat untuk memberi masukan lebih lanjut tentang smartphone yang dibutuhkan,” jelasnya.

 

 

(Visited 154 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.