Ada Foxconn Dibalik Sukses iPhone

Pengguna iPhone terus merangkak naik di dunia. Kantar World Panel mencatat pertumbuhan signifikan pangsa pasar perangkat iPhone di Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia. Alasan mereka lebih memilih iPhone adalah karena performa, ketahanan, dan kualitas material yang dimiliki iPhone.

Tidak hanya meningkat di 5 negara Eropa, pangsa pasar iPhone juga menunjukan peningkatan besar di daratan Tiongkok, Australia, dan Jepang. Dalam data Kantar World Panel, pangsa pasar iPhone di Tiongkok naik dari 12,8 persen menjadi 20.1 persen, di Australia naik 9,1 persen menjadi 34,6 persen, dan Jepang naik 2,7 persen.

Kesuksesan iPhone, menurut Kantar  World Panel, karena iPhone memiliki performa, ketahan dan kualitas material superior. Untuk menghasilkan produk luar biasa tersebut, tentunya ada pabrikan hebat dibalik sukses iPhone tersebut.

Dibuat di Foxconn Material iPhone Tangguh, Stylish dan Memiliki Gengsi
Dibuat di Foxconn Material iPhone Tangguh, Stylish dan Memiliki Gengsi

Adalah Foxconn dibalik sukses iPhone yang mendunia. Foxconn lah yang “membidani” dan “melahirkan” iPhone. Dari “rahim” Foxconn inilah iPhone melesat sebagai smartphone terhebat di dunia.

Pertanyaannya adalah bagaimana Foxconn bisa “melahirkan” produk superior seperti iPhone? Jawabannya adalah karena Foxconn memiliki keunggulan kompetitif yang berasal dari model bisnis eCMMS dan budaya Foxconnian – sebutan untuk karyawan yang bekerja di Foxconn – yang unik.

eCMMS adalah singkatan dari e-enabled Components, Modules, Moves and Services. Ini adalah model bisnisone stop shopping vertikal yang mengintegrasikan kemampuan mekanik, listrik, dan optik sekaligus. Ini mencakup solusi mulai dari pencetakan, perkakas, bagian mekanis, komponen, modul, sistem perakitan, desain, manufaktur, pemeliharaan, logistik, dan lain-lain.

foto 14

Melalui model bisnis eCMMS ini, Foxconn tidak hanya menjadi manufaktur 3C terbesar di dunia, tetapi juga di waktu yang sama memiliki rantai pasokan (supply chain) terpendek. Mereka mendefinisikan  produk perusahaan pada kecepatan, kualitas, engineering services, fleksibilitas dan hemat biaya.  Foxconn juga mengklaim sebagai perusahaan pertama yang menggunakan teknologi CNC untuk produksi  yang meliputi lebih dari 80.000 mesin.

Perusahaan yang berkantor pusat di Taiwan ini menerapkan standard kualitas level tinggi dalam memproduksi setiap perangkat. Sebagai contoh saat memproduksi iPhone,  proses desainnya body-nya dibuat dengan keahlian yang presisi memakai logam dengan 8 CNC process.

“Proses ini digunakan di sektor manufaktur yang melibatkan penggunaan komputer untuk mengontrol peralatan mesin (computer numeric control) yang mencakup internal structure & processing, the antenna structure processing, screen structure processing, 3D side hoe machining, 360 drilling Qieja, structure end milling, dan overall polishing process. Semuanya dilakukan dengan ketelitian tingkat tingggi menggunakan teknologi mutakhir,” ungkap Terry Gou, CEO Foxconn.

9

Proses inilah yang membuat iPhone “lahir” sebagai smartphone berkualitas tunggi dan  digemari konsumen seluruh dunia.

Apple memang telah menjadi klien utama sekaligus yang terbesar. Namun siapa sangka, ternyata banyak juga beberapa perusahaan terkemuka yang mempercayakan produknya untuk dibuat di Foxconn. Di sektor smartphone, selain Apple ada, Amazon, BlackBerry,  kemudian pada tablet selain memproduksi iPad, jugaAmazon Kindle dan lainnya.

Karena Kualitas, Material Superior, iPhone Yang Dibuat Foxconn Membuat Fotografer dan Model Begitu Percaya Diri Ketika Melakukan Pemotretan Hanya Pakai iPhone.
Karena Kualitas, Material Superior, iPhone Yang Dibuat Foxconn Membuat Fotografer dan Model Begitu Percaya Diri Ketika Melakukan Pemotretan Hanya Pakai iPhone.

Sukses menghantarkan iPhone, apakah Foxconn bakal merilis smartphone lain sehebat iPhone? Kita tunggu kabar selanjutnya!

 

(Visited 243 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.