Ternyata Ini Fungsi Silinder Kecil Pada Charger Laptop

Sudahkah Anda menggunakan laptop Anda untuk connect internet? Saat ini, laptop yang dikoneksikan dengan internet sudah menjadi hal yang lumrah dan hampir semua sudah mengaplikasikannya. Hal ini pasti dilakukan utamanya oleh mahasiswa, pekerja kantor dan lain sebagainya. Menggunakan laptop merupakan kebiasaan sehari-hari yang dilakukan masyarakat, namun belum tentu mereka mengetahui fungsi dari setiap atributnya. Salah satu atribut laptop yang sering dijumpai adalah charger laptop. Pada charger laptop, Anda akan menemui silinder yang kecil yang terletak di dekat ujung port charger.

Silinder ini seringkali membuat repot dan seakan-akan tak berguna, padahal jika dipelajari lebih dalam, silinder pada charger laptop ini memiliki fungsi yang penting. Benda silinder yang terdapat pada charger laptop ini bernama Ferrite Bead. Keberadaannya memang memakan tempat, sehingga kabelnya tidak dapat ditekuk. Hal ini tentu sering menyusahkan Anda bukan? Namun, ternyata silinder inilah yang bisa membuat Anda tenang saat menggunakan laptop dengan diisi ulang.

Ternyata Ini Fungsi Silinder Kecil Pada Charger Laptop

Jika dipelajari, ternyata silinder kecil pada charger laptop ini memiliki fungsi mengisolasi laptop dari suara yang bising. Suara bising tersebut disebabkan oleh frekuensi tinggi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. Suara bising tersebut ternyata dihasilkan saat gelombang saat gelombang listrik ditarik oleh kabel serta conventer AC-DC. Artinya, silinder ini berfungsi untuk meredam gangguan.

Lebih dalam lagi, Silinder ferrite Bead berfungsi meredam gangguan yang berasal dari perangkat atau ke perangkat laptop Anda. Silinder ini tidak hanya mereduksi frekuensi tingkat tinggi, tetapi juga mencegah frekuensi asing dari luar yang masuk lewat kabel Anda sehingga jika Anda mencharger laptop di tempat umum, data Anda akan terlindungi dari frekuensi yang tidak dikenal yang masuk lewat kabel.

Ketika dibongkar, silinder Ferrite Bead ini akan berisi bahan campuran keramik, oksidasi besi, serta beberapa logam lainnya. Semua material ini mampu menghasilkan medan magnet kecil yang efektif menolak interfensi gelombang elektromagnetik. Inilah uniknya silinder kecil yang terdapat pada charger laptop Anda. Sekarang sudah mengetahui kan fungsi dari barang sederhana yang terkadang merepotkan tersebut?

(Visited 265 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.