Terlempar Dari Top Five Pemain Besar Indonesia, Masihkah Smartphone Huawei Bernyali?

Huawei, brand samartphone asal Tiongkok, masih mencari formula jitu menembus pasar  Indonesia. Beragam smartphone Huawei sudah banyak dirilis ke pasar. Produsen pihak ketiga pun banyak dirangkul, seperti Leica untuk proyek di salah satu smartphone-nya. Tengok saja, Huawei P9 dan Mate 8, salah satu smartphone andalan mereka.

Salah Satu Produk yang Dirilis Huawei Dengan Berbagai Keunggulan Fitur yang Dimiliki
Salah Satu Produk yang Dirilis Huawei Dengan Berbagai Keunggulan Fitur yang Dimiliki

Untuk market share global, berdasarkan data IDC,  posisi Huawei cukup mantap. Brand ini ada di posisi ketiga, setelah Samsung dan  Apple. Pada kuartal kedua tahun ini, Huawei menguasai market share global  9.4 persen dengan pangapalan produk sekitar   32.100.000 unit, atau naik  8,4% dari tahun sebelumnya. Pasar terbesar Huawei berasal dari  Eropa dan Cina.

Inbox Tabel 1.

Top Five Smartphone Vendors, Shipments, Market Share, and Year-Over-Year Growth, Q2 2016 Preliminary Data (Units in Millions)
Vendor 2Q16 Shipment Volumes 2Q16 Market Share 2Q15 Shipment Volumes 2Q15 Market Share Year-Over-Year Change
Samsung 77.0 22.4% 73.0 21.3% 5.5%
Apple 40.4 11.8% 47.5 13.9% -15.0%
Huawei 32.1 9.4% 29.6 8.6% 8.4%
OPPO 22.6 6.6% 9.6 2.8% 136.6%
vivo 16.4 4.8% 9.1 2.7% 80.2%
Others 154.8 45.1% 173.6 50.7% -10.8%
Total 343.3 100.0% 342.4 100.0% 0.3%
Source: IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, July 28, 2016

 

Huawei-VR
Bagaimana dengan Pasar Indonesia?

Sepertinya Huawei masih terseok dan  sulit  mengalahkan brand seperti Asus, smartfren, lenovo bahkan Advan sekalipun. Berdasarkan data IDC 2015, di Indonesia Huawei terlempar  dalam daftar 5 pemain besar.  Pasar masih dikuasai Samsung dengan jumlah 7,3 juta unit pengapalan dengan market share 24,8 persen.

Posisi kedua ada merk Asus dengan 15,9 persen market share dengan jumlah pengapalan 4,7juta unit.

Posisi ketiga ada Smartfren dengan jumlah pengapalan 3,2juta unit dan 10,8 persen market share.

Posisi keempat bertengger Advan. Brand nasional yang terus menggeliat ini  berhasil mengapalkan 2,8 juta unit dengan market share 9,6 persen. Posisi kelima, ada Lenovo dengan pengapalan 1,9 juta unit dengan market share 6,5 persen.

huawei pabrik

 

Jika melihat kompetisis yang sangat ketat, apakah Huawei masih bernyali untuk bertarung di pasar Indonesia?

Collin Giles, EVP Consumer Business Group Huawei, di beberapa kesempatan mengatakan bahwa Huawei  melihat pasar Indonesia begitu penting. Huawei di Indonesia menurutunya,  perlu lebih agresif dalam aktifitas pemasaran dan promosi. Selain membenahi kemitraan dengan distributor dan dealer, pihaknya juga terus memperbanyak pusat layanan after sales di berbagai kota besar di Indonesia.

“Huawei menempatkan Indonesia di pasar yang strategis dan penting. Dengan strategi yang tepat, kami yakin smartphone buatan Huawei akan segera diterima oleh masyarakat Indonesia,” ungkap Collin yang  diungkapkan ke berbagai  media.

(Visited 193 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.