Huawei Berjaya di Cina, Xiaomi Tergusur!

Netter’s.  IDC telah merilis laporan terbaru untuk pasar smartphone di China yang mengungkapkan bahwa Huawei sebagai jawara pasar di Negeri Tirai Bambu dengan menguasai market share lebih dari 17% pada quartal kedua 2016. Perusahaan mengirimkan 19,1 juta smartphone di kuartal tersebut, naik dari 16,6 juta dari kuartal yang sama dari tahun lalu.

Sedangkan Oppo dan vivo berada di posisi kedua dan ketiga dengan market share 16,2% dan 13,2%.Volume pengiriman smartphone OPPO meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu, sementara vivo tumbuh 75%.

Sedangkan Xiaomi dan Apple berada harus puas barada di posisi keempat dan kelima, tapi dengan penurunan year-on-year sebesar 38,4% dan 31,7%. Nasib tragis dialami Xiaomi di negerinya sendiri. Semula pada tahun 2015 di quartal yang sama, Xiaomi bertengger di posisi pertama. Kini tergusur di posisi empat.

 

xiaomi_mi_5_review_8

 

“Keberhasilan Huawei, OPPO, dan vivo di pasar dapat dikaitkan dengan upaya mereka untuk melakukan branding dan pemasaran yang agresif untuk menarik konsumen. Selain itu, vendor tersebut fokus pada diferensiasi produk,” kata Xiaohan Tay, salah satu periset IDC.

“Tahun sebelumnya, Xiaomi memulai tren penjualan ponsel secara online. Kemudian vendor lainnya segera mengikuti dan menciptakan stitus online sendiri,” tambah Tay.

Oppo R9 Edisi FC Barcelona Dengan Edisi Terbatas!
Oppo R9 Edisi FC Barcelona Dengan Edisi Terbatas!

Tergusurnya Xiaomi di Cina dari nomor wahid menjadi nomor empat, apakah akan berimbas untuk pasar Indonesia? Pertanyaan sebaliknya buat Huawei, keberhasilan di Cina, apakah akan berdampak terhadap penjualan di Indonesia?

(Visited 143 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.