Beginilah Cara Terbaik Memotret Kuliner Dengan Kamera Mirrorless

Semakin majunya jaman, manusia juga semakin dimanjakan oleh teknologi-teknologi yang canggih. Bahkan, teknologi sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Salah satu teknologi yang paling sering digunakan adalah ponsel. Banyak sekali orang yang telah memiliki telepon seluler yang canggih. Namun, akhir-akhir ini ada elektronik yang lagi populer yaitu, kamera digital.

Sebelumnya tentu Anda tidak asing dengan kamera jenis DSLR. Namun, setelah munculnya kamera jenis mirrorless banyak sekali yang pinda menggunakannya. Masa kejayaan kamera DSLR saat ini perlahan mulai diambil alih oleh kamera mirrorless dengan kelebihan yang dimilikinya. Kenapa harus kamera digital, kan masih bisa menggunakan kamera smartphone? Namanya saja manusia, yang memiliki sifat tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya dan selalu ingin mendapat yang lebih.

Orang menggunakan kamera untuk mengabadikan apa yang menurut mereka bagus dilihat. Misalkan, untuk mengabadikan saat berkumpul bersama keluarga besar, keindahan alam bahkan, sampai kuliner yang menurut mereka menarik juga diabadikan. Nah, kali ini kami akan membahas sedikit tentang memotret kuliner atau makanan.

Belakangan ini lagi tren memotret makanannya kemudian diunggah di medsos. Diantara mereka masih banyak juga orang yang belum bisa menghasilkan gambar yang bagus ketika memotret makanan. Bahkan, banyak juga yang hanya sekedar memotret. Untuk menghasilkan foto yang bagus kami akan memberikan tips memotret makanan menggunakan kamera yang populer saat ini yaitu kamera mirrorless.

Tips Menarik Memotret Kuliner Dengan Kamera Mirrorless

Tips-Memotret-Makanan-550x394

Manfaatkan Pencahayaan Natural

Untuk memotret makan lebih baik Anda sebelumnya cari tempat yang memiliki cukup cahaya. Meskipun Anda di dalam ruangan Anda tidak perlu mengandalkan flash, cukup menggunakan pencahayaan yang natural agar makanan terlihat lebih segar dan natural.

Saya sarankan penggunaan kamera mirrorless dengan memanfaatkan fitur ISO 100-51200. Dengan begitu dapat memudahkan Anda untuk menghasilkan gambar yang lebih berkualitas. Anda juga tidak perlu repot-repot menggunakan flash, hasilnya akan baik meskipun dengan kondisi kurang pencahayaan.

ISO memiliki arti fitur yang berkemampuan atau tingkat sensitivitas sensor kamera dalam menyerap cahaya. Semakin besar Anda menggunakan ISO kamera semakin besar pula sensitif cahaya yang didapatkan.

Gunakan Kertas HVS

Gunakanlah kertas HVS untuk pengganti reflektor. Anda dapat meletakkan HVS di samping makanan yang akan Anda foto, letakkan secara vertikal atau sesuaikan cahaya. Kertas HVS berguna untuk memantulkan dan menyebarkan cahaya yang datang dari luar.

Bermain Efek Bokeh

Fokuskan pada satu bagian makanan yang ingin Anda tonjolkan. Dengan menggunakan pengaturan diafragma atau bukaan besar. Misalkan, f:2.8 atau f:3.5 dapat menghasilkan foto dengan efek dramatis atau efek blur.

Untuk detail ketajaman ditentukan dari kualitas sensor yang baik. Kamera mirrorless yang sudah menggunakan sensor APS-C atau ukuran sensor yang setara dengan DSLR bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih baik.

Perhatikan Angle, Latar Belakang dan Komposisi

Di sosial media seperti Instagram atau Path banyak kita menjumpai foto-foto makanan, yang dipotret dari sudut atas atau high angle. Belakangan ini angle tersebut cukup populer karena dapat menghasilkan foto yang menarik. Menggunakan angle dengan kamera mirrorless sangat mudah dan menyenangkan tanpa harus menghilangkan kualitas gambar.

Foto makanan bukan hanya sekedar keisengan pribadi saja. Namun, bisa menjadi foto yang informatif. Foto makanan dapat menceritakan suasana restoran, lokasi Anda memotret atau keramaian pengunjung. Padukan objek foto Anda dan latar belakang yang keren. Foto yang Anda hasilkan pasti tampak nikmat dan lebih hidup.

(Visited 458 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.