Kamera Sinema Pro 4K Canon EOS C200 Usung Format MP4 dan Cinema RAW Light

Netters, Canon EOS C200 merupakan kamera sinema profesional dengan resolusi 4 K yang menggunakan prosesor gambar Dual Digic DV 6 terbaru. Kamera ini mendukung perekaman video dalam format MP4 dan Cinema RAW Light yang ukurannya lebih kecil dari file Cinema RAW. Namun kendati ukuran file lebih kecil, tetap tak mengurangi informasi dari rekaman tersebut.

Ukuran file Cinema RAW Light antara seperlima sampai sepertiga ukuran file biasa dan bisa disimpan dalam memori CFast. Sementara perekaman 4K dalam format MP4 bisa disimpan ke SD Card. Perekaman dan penyimpanan kedua format video 4K tersebut dapat langsung dilakukan ke kamera sehingga efisien.

Kamera dibekali dengan layar sentuh LCD LM-V1 yang dapat digunakan untuk mengatur fokus hanya dengan cara menyentuh subyek di layar. Selama perekaman dapat dilakuan perubahan fokus yang cepat dan halus berkat teknologi Dual Pixel CMPS AD. Demi hasil rekaman yang tampak menawan dan berkualitas tinggi, cukup tekan area yang akan direkam pada layar sentuh. Berbagai pengaturan pun dapat dilakukan secara cepat dan akurat ketika shooting sedang berlangsung.

Pada perekaman cvideo 4K HDR dalam format Cinema RAW Light, kamera ini mempunyai kemampuan rentang dinamis lebar yang setara dengan 15-stop. Sementara untuk format MP4 kemampuan rentang dinamisnya setara 13-stop. Hal tersebut dilakukan dengan Log Gamma Canon yaitu Canon Log 3 dan Canon Log. Video HDR yang sesuai bisa dihasilkan dengan standar ITU-R BT2100 (PQ) ketika shooting menggunakan tampilan 4K profesional Canon.

Perangkat Lunak Pendukung Format Cinema RAW Light

Format Cinema RAW Light didukung oleh DaVinci, perangkat lunak besutan Blackmagic Design untuk menyunting dan grading. Selain itu penyuntingan juga bisa dilakukan dengan media composer dari Avid Technology yang merupakan plugin resmi Canon, yaitu Canon RAW Plugin for Avid Media Access. Kemudian pemrosesan dilakukan dengan Canon Cinema Raw Development.

Ada begitu banyak perangkat lunak yang mendukung format kamera ini, antara lain adalah EDIUS Pro dari Grass Valley, Final Cut Pro X dari Apple dengan menggunakan plugin Canon RAW.

(Visited 82 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Comment (1)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.