Cara Mengambil Foto Portrait Dengan Benar

Foto portrait merupakan foto yang lebih terfokus ke karakter atau objek yang dijadikan model. Portrait dapat diartikan sebagai lukisan atau gambaran keindahan dari manusia. Dimana, ekspresi wajah sangat dominan untuk mengungkapkan suatu kepribadian. Namun, untuk mendapatkan sebuah foto portrait yang bagus tidaklah mudah. Banyak faktor yang perlu Anda pelajari dan amati untuk bisa mendapatkan foto yang sempurna.

Anda serius untuk mempelajari teknik foto portrait yang bagus? Langsung saja, berikut beberapa tips menghasilkan foto portrait yang bagus dan keren.

aa2013x06x11xx11x10x59x09b6caeab5becf8ff6aaf65db22cb859

Cara Mengambil Foto Portrait Dengan Benar

Fotolah mereka di tempat yang  nyaman.

Biarkan mereka memilih tempat foto yang mereka inginkan. Karena, jika mereka tidak nyaman dengan tempatnya maka akan membuat canggung untuk di foto. Misalkan, ada teman yang sangat tidak percaya diri foto di tempat ramai dan Anda tetap memaksakan dia untuk foto, hasilnya pasti tidak maksimal. Teman Anda menjadi canggung untuk berpose, senyum yang setengah-setengah dll.

Fotolah Anak-anak dari ketinggian yang sama dengan mata mereka.

Hal ini wajib dilakukan jika  objeknya anak-anak, karena pasti tidak mungkin mendapatkan hasil yang bagus jika anak-anak berpose dengan kepala mendongak menghadap kamera. Jadi, jongkoklah ketika memotret anak-anak.

Maksimalkan pencahayaan

Seorang fotografer harus pandai mencari akal jika fitur kamera kurang maksimal. Misalkan kamera tidak ada flashnya atau flashnya sangat buruk. Maka, manfaatkan lah pencahayaan alami. Jika foto didalam ruangan manfaatkanlah jendela yang ada, posisikan objek di samping jendela sehingga cahaya dapat menerangi wajah objek.

Jangan gunakan Flash

Jika Anda menggunakan flash, hasilnya akan tidak natural karena flash arahnya tegak lurus dengan wajah dapat mengakibatkan hasil yang bersifat keras dan datar. Gunakan jika memang sangat butuh, misalkan saat malam hari yang sangat minim cahaya. Itu pun hasilnya juga tidak maksimal.

Gunakan Overexpose

Gunakan efek Overexpose, efek ini berguna untuk membuat wajah lebih putih dan terkesan modern. Jika Anda mengamati wajah-wajah model di majalah cenderung memakai efek ini.

Jika objek foto pemalu, kasih pasangan.

Pastinya Anda sering menjumpai orang yang sangat malu untuk difoto sehingga mereka mati gaya. Jika itu terjadi, kasih mereka teman, pacar, istrinya, atau keluarganya.

Ketahui tujuan pemotretan.

Pastikan Anda mengetahui untuk apa foto itu nantinya. Misalkan untuk wallpaper hp gunakan orientasi vertikal. Jika untuk undangan pernikahan gunakan orientasi horizontal atau sesuai orientasi undangannya.

Ajak bicara objek foto.

Dengan melakukan hal tersebut Anda dapat menghilangkan ketegangan objek. Lebih baik jika Anda membuat objek tersenyum lepas. Anda dapat menanyai hal-hal yang dapat membuatnya tersenyum dll.

Kasih property untuk si model.

Kasih mereka property agar mereka merasa rileks selain itu property juga dapat menambah pose si model, sehingga tidak monoton.

Ketika memotret kelompok, fokuskan ke orang terdekat dengan kamera.

Jika Anda tidak melakukan hal ini, hasil dari foto anda akan buruk. Jika Anda memfokuskan ke tempat lain, orang yang dekat dengan kamera akan terlihat sedikit tidak fokus. Jika difokuskan orang terdekat dengan kamera maka tidak apa-apa jika yang lain sedikit tidak fokus. Karena yang paling jelas terlihat adalah yang terdekat dengan kamera.

Periksa ketajaman

Sedikit susah untuk mengecek tajam tidaknya foto. Zoom foto semaksimal mungkin kemudian arahkan ke alis atau bulu mata objek. Jika Anda dapat melihat masing-masing bulu mata, maka foto Anda akan super tajam.

Jika Anda hobi foto portrait, beli vertical grip.

Vertical grip berguna untuk memudahkan kita dalam mengomposisikan foto dengan orientasi vertikal selain itu juga dapat memberi ekstra baterai.

Gimana, sangat mudah sekali bukan? Sekarang, silahkan praktekan di rumah dengan model seadanya dulu. Selamat mencoba.

(Visited 371 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.