Amazon Patenkan Kapal Apung Bagi Drone Pengirimannya

Amazon sedang mengerjakan program pengiriman dengan drone selama beberapa waktu. Namun beberapa paten baru menunjukkan bahwa perusahaan tidak kehabisan gagasan-gagasan liar. Sebagaimana dilaporkan oleh TechCrunch, seorang analis untuk CB Insight, Zoe Leavitt telah menemukan paten Amazon baru-baru ini. Paten Amazon tersebut diperuntukkan bagi suatu Airborne Fulfillment Center (AFC) atau pusat pemenuhan melalui udara. AFC tersebut menggunakan wahana udara tanpa awak untuk mengantar barang. Contohnya adalah kapal apung gudang zeppelin raksasa yang menjadi kapal induk bagi drone pengiriman.

 

Sistem Kerja Pengiriman Menggunakan Kapal Apung

Paten tersebut menggambarkan AFC  dalam bentuk kapal udara raksasa. Kapal udara raksasa tersebut akan terbang dengan ketinggian sekitar 45 ribu kaki di udara. Kemudian kapal tersebut akan mengirimkan drone individual untuk mengantar barang Amazon ke konsumen. Kapal udara yang lebih kecil tambahan akan digunakan untuk mengembalikan drone kembali ke AFC. Selain itu, kapal udara yang lebih kecil tambahan tersebut juga akan memasok ulang kapal induk dengan lebih banyak stok dan bahan bakar. Para pekerja juga diantar ke pabrik terbang dengan kapal udara yang lebih kecil tambahan ini.

Penerapan di udara ini juga memungkinkan drone untuk memiliki rentang pengantaran yang lebih luas. Sementara daya yang dibutuhkan lebih sedikit karena drone-drone tersebut hanya perlu turun untuk mengantar paket.  Sifat gudang yang bergerak juga memungkinkan Amazon untuk lebih fleksibel dalam mengelola stok dalam menghadapi perubahan permintaan. Contohnya pada paten tersebut menggunakan kasus menerapkan AFC di dekat stadion olah-raga untuk memungkinkan pengantaran souvenir tim dan cemilan saat berlangsungnya pertandingan.

Saat ini, gudang drone terbang ini baru sekedar paten saja. Amazon belum memberikan tanda-tanda bahwa mereka akan memenuhi langit dengan gudang besar tersebut dengan segera. Apalagi program pengantaran melalui drone masih tersangkut peraturan laut di Amerika. Namun uji coba pengantaran barang kiriman Amazon menggunakan drone ini telah dimulai di Inggris.

 

(Visited 77 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.