AkzoNobel dan Mitranya Mengembangkan Teknologi Drone Demi Amankan Industri Kelautan

Keselamatan dalam bidang kelautan akan mengalami peningkatan setelah AkzoNobel bergabung dengan beberapa mitra untuk mengembangkan drone dengan kendali jarak jauh. Kemitraan tersebut dilakukan oleh AkzoNobel dengan operator tangki minyak dan gas Barrier Group dan DroneOps. Mereka bergabung untuk mengembangkan teknologi drone yang mampu menginspeksi ruang tertutup dan tangki air penyeimbang kapal secara jarak jauh.

Proyek ini menggunakan teknologi virtual reality yang canggih untuk memberikan evaluasi tangki air penyeimbang kapal yang lebih akurat dan aman. Selain itu bisa juga digunakan pembangkit angin lepas pantai dan ruang tertutup atau susah diakses pada kapal dan struktur kelautan. Hal ini termasuk inspeksi pelapisan dan korosi.

Secara tradisional, inspeksi ini dapat dilakukan oleh kru, surveyor atau inspektur yang independen. Ini merupakan kegiatan yang berisiko dan merupakan penyebab umum  kecelakaan kerja di bidang tersebut.

Inspeksi dengan Teknologi Drone

“Survey pada ruang tertutup dan tangki air penyeimbang kapal merupakan bagian penting dari rutinitas pemeliharan dan merupakan hal yang kritis bagi pemilik kapal.” Hal tersebut dijelaskan oleh Michael Hindmarsh, Manajer Pengembangan Bisnis di bisnis Marine Coating AkzoNobel.

Dengan mengganti inspeksi oleh manusia dengan drone, pemeliharaan rutin dapat dipantau jarak jauh secara real-time oleh pegawai di kantor. Masukan dari pemantauan tersebut dapat dilakukan dengan segera ke kapal atau pengawas struktur lepas pantai. Hal ini akan menurunkan biaya, meningkatkan efisiensi dan mengurangi risiko korban jiwa selama pemeliharaan yang penting.

Kemitraan itu sendiri menawarkan peninjauan yang lengkap atas masalah dan tantangan yang berkaitan dengan inspeksi ruang tertutup. Hal ini meliputi keahlian coating, pembuatan drone, kepemilikan struktur kelautan dan pengalaman kerja mendalam dari praktek perbaikan dan inspeksi saat ini. Keahlian coating tambahan akan disediakan oleh Safinah Ltd, yang merupakan konsultan coating terkemuka.

AkzoNobelsudah menggunakan teknologi drone yang inovatif. Saat ini perusahaan tersebut menguji drone tersebut di Australia untuk menginspeksi tempat di lokasi yang jauh dengan akses terbatas dan pergerakan dari peralatan berat sulit.

Seiring dengan kemajuan dari proyek baru tersebut, drone akan memasuki tahap uji coba penerbangan pada lokasi uji coba coating AkzoNobel di Inggris dan fasilitas pelatihan dalam ruangan Barrier Group. Penyelesaian drone dan peluncuran drone tersebut rencananya akan dilakukan pada Oktober tahun 2017.

(Visited 81 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.