Saingi Amazon Echo Show, Google Garap Speaker Pintar dengan Layar

Netters,  Amazon Echo secara mengejutkan meraih kesuksesan dengan mencetak permintaan yang kuat atas kategori produk baru speaker pintar. Maka Google pun meluncurkan produk penantang Echo pada November lalu.

Google Assistant pun berperan sebagai asisten pribadi virtual pendamping pada Google Home yang meluncur di pasaran pada 4 November 2016. Peran tersebut dipegang oleh Alexa pada perangkat Amazon Echo. Data terakhir menunjukkan bahwa Amazon mendominasi lebih dari 70% pasar speaker pintar, sementara Google hanya mendapat 25%.

Google Berencana Produksi Speaker Pintar Pesaing Amazon Echo Show

Belum lama ini Google telah menarik layanan YouTube dari Amazon Echo Show. Ini adalah versi Echo yang dilengkapi layar 7 inci. Google mengklaim bahwa Amazon telah menyingkirkan kemampuan bagi user untuk berlanggan kanal dan juga menyingkirkan pilihan autoplay. Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut maka memungkinkan bagi Google untuk menarik aplikasi video streaming tersebut secara sepihak dari Echo Show.

Namun rumor terkini muncul beberapa hari setelah Google menarik YouTube dari Echo Show. Rumor tersebut mengatakan bahwa Google akan memproduksi speaker pintar baru dengan nama kode “Manhattan”. Model ini memiliki layar 7 inci yang terpasang pada perangkatnya, sama dengan yang terdapat pada Echo Show. Konten-konten pada perangkat tersebut mencakup YouTube, Google Photos dan kemungkinan juga Netflix. Pengguna juga dapat melakukan panggilan video menggunakan perangkat ini.

Seperti halnya Google Home, produk ini dapat mengendalikan perangkat pintar dan peralatan di rumah, seperti televisi, stereo, kunci, lamput, dan lain-lain. Demi mempermudah developer untuk membuat aplikasi pada produk ini, maka digunakan sistem operasi Android.

Awalnya Google berencana untuk meluncurkan speaker pintar baru ini pada pertengahan tahun 2018. Tetapi ketika akan ada persaingan baru dari Microsoft Invoke, speaker pintar dari Sony dan Apple HomePod (yang akan diluncurkan pada Desember), Google kemungkinan memutuskan mempercepat peluncuran lebih cepat dari yang diharapkan.

(Visited 52 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.