Wow Tes USG Kini Bisa Dilakukan dengan iPhone dan Perangkat Ultrasound Butterfly

Netters, Apple kini fokus menggunakan perangkat smartphone mereka untuk meningkatkan kesehatan. Sehingga smartphone tersebut dapat digunakan untuk mendiagnosa dengan cepat dan akurat. Salah satu contohnya adalah perangkat ultrasound portabel yang dapat dipasangkan pada iPhone, yaitu Butterfly IQ.

Seorang dokter bedah pembuluh darah bahkan menemukan jaringan kanker pada tenggorokannya menggunakan perangkat ultrasound portabel ini. Dr. John Martin merasa tenggorokannya tak nyaman dan memutuskan memakai Butterfly IQ untuk mencari tahu. Setelah mengoleskan gel untuk memakai alat ultrasound pada lehernya, dia menggunakan perangkat Butterfly IQ untuk mengirim gambar ultrasound ke iPhone. Gambar tersebut mengungkap jaringan 3 cm yang menunjukkan bahwa dokter tersebut memiliki kanker sel skuamosa.

Butterfly, Perangkat Ultrasound Portable

Perangkat ini mirip seperti alat cukur listrik, ukurannya kecil, tak seperti alat ultrasound di rumah sakit. Demikian juga harganya yang tergolong murah, di Amerika alat tersebut akan dibandrol $1.999 atau setara Rp 27,2 juta. Perangkat ini dapat digunakan di ambulans atau di rumah.

Perusahaan tersebut berharap untuk memasang produk ini dengan perangkat lunak kecerdasan buatan. Sehingga memungkinkan pemula memasang probe secara tepat dan bahkan mengintepretasikan gambar.  Pada tahun 2018 kemungkinkan akan ditambahkan perangkat lunak, sehingga pengguna dapat menghitung seberapa baik jantung memompa darah. Dan bahkan menemukan anerurisma aorta dalam suatu pemindaian. John Kendal, direktur ultrasound pada departemen gawat darurat di Denver health Medical Center dan penasehat Butterfly Network mengatakan bahwa pada akhirnya produk tersebut akan dibeli orang rumahan.

Sementara itu Dr. Martin sendiri selamat setelah melakukan bedah selama lima setengah jam dan saat ini menjalani perawatan radiasi.

(Visited 96 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.