Baterai Surface Pro 3 Bermasalah, Apa Reaksi Microsoft?

Sejarah berulang dengan sendirinya. Pada akhir Agustus, Microsoft merilis update firmware Surface Pro 3 yang dirancang untuk memperbaiki masalah baterai yang mengganggu beberapa penggunanya. Kini malah lebih banyak pengguna yang mengeluhkan masalah baterai baru yang kurang lebih sama cacatnya dengan masalah awal.

Awal masalah baterai Surface Pro 3 muncul, tampaknya hanya mempengaruhi perangkat yang menggunakan baterai Simplo. Tetapi kini mereka yang mengeluh di forum Microsoft tampaknya sebagian besar merupakan pengguna perangkat dengan baterai buatan LG. Beberapa pemilik Microsoft Surface Pro 3 dengan baterai LG terintegrasi telah mengeluhkan masalah pada laptop hybrid mereka. Pasalnya, perangkat tersebut menolak untuk charging. Hal tersebut memang kerusakan yang sangat menyebalkan, karena mencegah pemilik untuk menggunakan perangkat mereka saat tak terhubung dengan stop kontak listrik. Dengan baterai yang kosong melompong, tentu saja perangkat akan segera mati saat tak terhubung dengan listrik. Sehingga segala kerja yang sedang dilakukan tak tersimpan.

Masalah baru tersebut tampaknya bervariasi. Beberapa orang tak bisa melepas tablet mereka dari charger tanpa langsung membuat Surface mati. Hal ini serupa dengan masalah baterai Simplo. Sementara beberapa orang mengatakan bahwa baterai mereka tak bisa charging ketika sudah dicolokkan ke charger, namun menampilkan sejumlah indikator daya baterai. Ketika mereka melepas charger, perangkat tersebut akan mati.

Tanggapan Microsoft Terhadap Masalah Surface Pro  3

Microsoft belum membuat pernyataan resmi mengenai masalah ini. Sejauh ini, perusahaan Amerika Serikat tersebut hanya mengatakan pada seorang moderator pada forum komunitas mereka, bahwa perusahaan telah menyadari masalah tersebut. Bulan lalu Microsoft memang telah membuat patch suatu bug yang membuat perangkat dengan sel baterai Simplo tersebut salah melaporkan kapasitas baterai mereka. Microsoft kemungkinan sedang mengerjakan cara untuk mengatasi masalah baru yang timbul. Namun demikian tentu akan lebih adil jika Microsoft mengakui masalah tersebut secara publik.

Berikut ini adalah tanggapan dari Microsoft di forum”

“Kami menyadari ada masalah baterai yang mempengaruhi sejumlah pengguna Surface Pro 3. Kami dapat mengkonfirmasi bahwa masalah yang mempengaruhi konsumen tersebut bukan disebabkan oleh update software yang diluncurkan pada 29 Agustus. Tim kami secara aktif menelusuri masalah tersebut untuk menentukan penyebabnya dan membuat perbaikan. Kami akan memposting update segera setelah kami memiliki informasi lebih lanjut untuk disebarkan.”

Nah, jika Netters memiliki Surface Pro 3 dan tidak mengalami masalah dan belum melakukan update firmware, sebaiknya bertahan untuk tidak menginstal firmware baru. Sebab masih belum jelas apakah update firmware tersebut yang menyebabkan masalah ini. Beberapa pengguna telah mengeluhkan masalah ini sejak Anniversay Update diluncurkan pada Surface Pro 3 pada awal Agustus, dan firmware baru diluncurkan sekitar empat minggu kemudian.

 

(Visited 203 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.