iPhone 7 Resmi Dijual di Indonesia Setelah Apple Berinvestasi di Pusat R&D

Apple telah berkomitmen untuk berinvestasi sekitar $44 juta untuk mendirikan pusat litbang (R&D) di Indonesia selama tiga tahun mendatang. Hal ini diucapkan oleh I Gusti Putu Suryawirawan, pejabat senior pemerintah. Dengan Apple berinvestasi di R&D maka perusahaan tersebut dapat mendistribusikan perangkat seharga Rp 6 juta dan di atasnya di Indonesia. Ini berarti seluruh iPhone, termasuk iPhone 7 dapat didistribusikan di negara Asia Pasifik tersebut.

Komitmen Apple Berinvestasi

Indonesia merupakan pasar smartphone yang menjanjikan, di mana Apple telah mengikuti jejak para pesaingnya. Pemerintah telah menetapkan bahwa mulai Januari 2017, seluruh perangkat smartphone 4G harus memiliki konten lokal setidaknya 30%. Aturan ini dapat dipenuhi dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak atau komitmen investasi.

I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika pada Kementerian Industri mengatakan pada suatu pesan teks bahwa Apple telah menerima sertifikasi konten lokal pada bulan November.

Juru bicara Apple menolak mengkonfirmasi jumlah investasi, tetapi mengarahkan pada pengumuman tahun lalu. Pengumuman tersebut mengatakan bahwa Apple telah berkomitmen akan membangun Pusat Pengembangan Aplikasi iOS di Indonesia.

Apple mengalami pertarungan yang sulit di Indonesia yang berpenduduk 250 juta orang dan memiliki demografi anak muda yang savvy internet. Pengguna jejaring sosial di Indonesia pun termasuk yang terbesar di dunia.

Market Ponsel di Indonesia

Di kuartal kedua tahun 2016, Samsung telah memimpin dengan mendominasi 26% pasar smartphone Indonesia berdasarkan jumlah penjualan. Peringkat ini diikuti oleh produsen smartphone Cina, Oppo di angka 19%. Hal ini berdasarkan laporan perusahaan riset IDC. Baik Samsung maupun Oppo telah memiliki pabrik di Indonesia. Bombardir iklan dan harga kelas menengah yang dilakukan oleh tim perwakilan penjualan Oppo telah berhasil menempatkan perusahaan tersebut berada di peringkat kedua hanya dalam waktu tiga tahun.

 

(Visited 360 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.