CAT S41 dan CAT S31, Smartphone Tangguh Tahan Air dan Tahan Banting

Netters, CAT yang terkenal sebagai produsen alat berat kini pun memproduksi smartphone yang tangguh. Pada acara IFA 2017, perusahaan tersebut mengungkapkan dua smartphone dan satu tablet baru yang modern tetapi tangguh.

Cat S41

 

This slideshow requires JavaScript.

Keunggulan smartphone ini terletak pada kapasitas baterai yang luar biasa besar, yaitu 5.000 mAh. Daya tahan baterai tersebut hingga 38 jam waktu bicara pada jaringan 3G dan hingga 44 hari standby. Bahkan bisa membagi daya ke perangkat elektronik lain dengan fitur USB Battery Share yang  memungkinkan untuk mengisi darya perangkat lain. Kabel yang dibutuhkan disediakan di dalam kotak paket.

Sertifikasi yang dimiliki oleh Cat S41 tak sekedar IP68 yang tahan air saja. Smartphone ini telah diuji di kedalaman 2 meter selama satu jam penuh. Uji ketahanan lainnya adalah dengan menjatuhkan smartphone dari ketinggian 1,8 meter ke atas beton demi mendapatkan sertifikasi MIL-SPEC-810G.

Gorilla Glass 5 menjaga layar yang berukuran 5 inci dan resolusi 1080 p smartphone ini. Layar tersebut dapat dioperasikan dengan jari basah dan sarung tangan, sesuai dengan target sasaran pengguna smartphone ini. Bagian belakang smartphone pun memiliki tekstur untuk membuat genggaman semakin mantap.

Chipset yang digunakan smartphone ini adalah MediaTek yang menggunakan prosesor delapan inti dengan kecepatan clock 2,3 GHz. Konfigurasi memori smartphone ini mencakup RAM 3 GB dan media penyimpanan berkapasitas 32 GB. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 7.0 Nougat dan telah memiliki aplikasi yang dikurasi dan katalog konten. Selain itu tersedia juga tombol yang bisa diprogram sehingga bisa mengaktifkan flash LED atau push to talk.

Dari segi fotografi, smartphone ini memiliki kamera 13 MP di bagian belakang dan kamera 8 MP untuk selfie. Kedua kamera tersebut memiliki mode di bawah air untuk membuat dokumen lebih bagus pada petulangan yang dijalani. Konektivitas smartphone ini cukup tangguh dengan LTE Cat. 6, VoLTE dan VoWiFi.

Harga yang dibandrol pada smartphone ini adalah £399 atau setara Rp 6,9 juta.

Cat S31

This slideshow requires JavaScript.

Smartphone ini adik dari S41 dengan kapasitas baterai 4.000 mAh. Kendati sama-sama tahan air, tetapi di kedalaman lebih dangkal, yaitu 1,2 meter dan hanya 35 menit. Tetapi sama-sama bisa dijatuhkan dari ketinggian 1,8 ke beton dan tak rusak. Layar smartphone menggunakan Gorilla Glass 3 untuk melindungi layar 4,7 inci yang memiliki resolusi 720 p. Pengoperasian dari layar juga dapat dilakukan dengan jari basah atau memakai sarung tangan.

Sistem operasi yang digunakan smartphone ini adalah Android Nougat. Sementara chipset yang dipakai adalah Snapdragon dari kelas entry-level yang memiliki empat inti dengan kecepatan clock 1,3 GHz. Konfigurasi memori terdiri dari RAM 2 GB dan media penyimpanan berkapasitas 16 GB. Dari segi fotografi, terdapat kamera utama 8 MP di bagian belakang dan kamera 2 MP di bagian depan.

Pada smartphone ini terdapat tombol yang bisa diprogram dan konektivitas kartu SIM ganda, dengan LTE Cat. 4, VoLTE, dan VoWiFi.

Harga smartphone ini dibandrol £299 atau setara Rp 5,2 juta.

Cat T20

This slideshow requires JavaScript.

Selain kedua smartphone sebelumnya, juga terdapat tablet, yaitu Cat T20. Tablet ini memiliki layar berukuran 8 inci. Sistem operasi yang dijalankan adalah Windows 10.

Dari segi ketangguhan, tablet ini tahan dijatuhkan dari ketinggian 1,8 meter. Seritifikasi IP67 pun dimiliki tablet ini dengan kemampuan dibenamkan di dalam air 1 meter selama 30 menit. Tablet ini tahan getaran dan anti semprotan garam.

Layar tablet menggunakan teknologi IPS dengan resolusi 1.280 x 800 piksel. Chipset yang dipakai adalah Intel Ataom Z8350. Sayangnya RAM yang digunakan terbatas, hanya 2 GB. Sementara media penyimpanannya memiliki kapasitas 64 GB. Keunggulannya, tablet ini memiliki modem LTE (Cat. 4) dan penerima GPS/GLONASS.

Tablet ini akan dibandrol dengan harga £599 atau setara Rp 10,4 juta.

 

(Visited 197 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.