Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL Hadir dengan eSIM dan Sensor Remas

Netters, Google memang memimpin di bidang perangkat lunak Android. Tetapi belakangan ini perusahaan lebih terlihat juga di bidang perangkat keras juga. Salah satunya adalah dengan menghadirkan smartphone generasi kedua dari Pixel.

Google Pixel 2 XL

Mari lihat perangkat yang lebih premium terleih dahulu, yaitu Google Pixel 2 XL Pengaruh LG V30 jelas sangat terlihat pada layar P-OLED 18:9. Bingkai di sekitar layar lebih tebal karena ditempati oleh speaker stereo. Ukuran layar 6 inci dan lebih tinggi tetapi tidak lebih lebar jika dibandingkan dengan layar XL generasi pertama. Resolusi layar 1.440 x 2.880 piksel dengan densitas 538 ppi. Selain itu juga ada filter optik melingkar untuk meningkatkan keterbacaan layar di bawah sinar matahari. Smartphone ini juga memiliki fungsi Always On Display yang merupakan fungsi bawaan Oreo.

Layar tersebut dilapisi pelindung Gorilla Glass 5 dengan tepi berbingkai (kaca lengkung 3D). Di bagian belakang juga terdapat kaca, sementara sisa dari bodi terbuat dari aluminium. Sertifikat ketahanan air ditingkatkan ke IP67.

Kedua smartphone Pixel ini bertahan dengan kamera tunggal di bagian depan dan belakang. Kamera utama kini memiliki fitur OIS yang berfungsi membantu lensa 12 MP dan pemrosean gambar generasi mendatang. Pada bagian depan, kamera selfie juga tak berubah dengan resolusi 8 MP dan bukaan lensa f/2.4.

Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 835, yang kinerjanya didukung RAM 4 GB. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 8.0 Oreo. Google meningkatkan kapasitas dasar media internal smartphone ini menjadi 64 GB. Bila masih kurang tersedia juga pilihan kapasitas media penyimpanan 128 GB. Sumber daya smartphone masih mengandalkan baterai dengan kapasitas 3.520 mAh.

Google menggunakan eSIM di dalam smartphone baru ini yang akan digunakan dengan Google Fi dan operator lainnya. Namun tetap tersedia slot nano-SIM standar jika ingin menggunakan cara lama. Smartphone ini mendukung jaringan GSM dan CDMA.

Google Pixel 2 XL akan tiba pada pertengahan November dengan harga mulai dari $850/€940/£800 atau sekitar Rp 11,5 juta sampai Rp 14,8 juta.  Jika membutuhkan kapasitas media penyimpanan lebih besar, dikenakan tambahan $100/ €110/£100 atau sekitar Rp 1,3 juta sampai Rp 1,7 juta. Tersedia pilihan warna Just Black dan Black & White.

Pre-order perangkat ini sedang berlangsung di Inggris, Jerman dan Amerika Serikat (melalui Google Store dan Verizon), India, Australia dan Kanada. Dalam waktu terbatas pembelian smartphone ini akan mendapatkan Home Mini secara gratis. Sementara pre-order di Italia, Singapura dan Spanyol akan dimulai akhir tahun ini.

Google Pixel 2

Tampilan perangkat ini bertahan dengan bingkai besar di bagian depan. Bingkai tersebut berfungsi untuk menempatkan speaker stereo yang menghadap depan. Tetapi perangkat ini tak lebih ringkas dari versi XL. Ukuran layar pun tak berubah, masih 5 inci dengan teknologi AMOLED dan resolusi 1080 p.

Kedua smartphone Pixel memiliki fitur yang saa dengan HTC U11. Smartphone tersebut dapat mendeteksi tekanan pada bagian samping, sehingga pengguna dapat meremasnya untuk memicu suatu tindakan. Misalnya untuk membuka Google Assistant.

Smartphone ini juga mendapatkan chipset Snapdragon 835 dan tambahan kapasitas media penyimpanan jika dibandingkan dengan model tahun lalu. Kamera juga disertai dengan fitur OIS dan gratis meda penyimpanan Google Photos.

Google Pixel 2 juga akan diluncurkan pada 17 Oktober dengan harga mulai dari $650/€800/£630 atau sekitar Rp 8 juta sampai Rp 12,6 juta. Jika membutuhkan kapasitas media penyimpanan lebih besar, dikenakan tambahan $100/ €110/£100 atau sekitar Rp 1,3 juta sampai Rp 1,7 juta. Tersedia pilihan warna Kinda Blue, Just Black dan Cearly White.

(Visited 77 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.