Incar Paten Teknologi GPU, Samsung Dekati AMD dan NVIDIA

Berdasarkan laporan baru-baru ini, Samsung diduga sedang dalam pembicaraan dengan AMD dan NVIDIA untuk mematenkan teknologi mereka yang berkaitan dengan chip GPU. Saat ini Samsung menggunakan ARM Mali untuk Exynos SoC. Tampaknya Samsung menginginkan teknologi tersebut sehingga dapat dibuat pada solusi GPUproduksinya sendiri. Hal tersebut dirumorkan hampir dua tahun lalu hingga hari ini.

Tak beralasan bagi Samsung untuk menginginkan kendali yang lebih terhadap komponen yang digunakan dalam perangkat smartphonenya. Samsung dirumorkan akan menambahkan dukungan CDMA pada chipset Exynos.  Rencananya chipset tersebut akan diuji pada September 2017 di jaringan CDMA. Chipset tersebut diharapkan akan digunakan pada Samsung Galaxy S9 pada tahun 2018. Jika Samsung dapat lolos uji ini, maka tak perlu lagi bergantung pada modem yang terpasang pada chipset Snapdragon untuk operator CDMA tertentu seperti Verizon dan Sprint. Sehingga bisa menjadi akhir dari riwayat Snapdragon SoC di dalam perangkat Samsung Galaxy.

GPU AMD dan NVIDIA

Samsung berharap untuk memotong waktu yang lama untuk mengembangkan GPU dengan mendapatkan paten dari beberapa teknologi. Saat ini NVIDIA menggunakan arsitektur Pascal untuk GPU smartphone. Chip yang diproduksi dengan Pascal dibuat oleh TSMC menggunakan proses FinFET 16 nm. Pengimplementasian prosesor grafis AMD menggunakan proses FinFET 14 nm untuk arsitektur Polaris.

Apakah ada perkembangan dari pembicaraan ini? Dengan mempertimbangkan tujuan Samsung di sini, tampaknya akan ada kesepakatan yang dibuat antara Samsung dan salah satu dari perusahaan tersebut.

(Visited 93 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.