Foxconn Dukung Penerapan Aturan TKDN di Indonesia

Akhirnya peluncuran Luna resmi dilakukan pada perhelatan yang dilaksanakan 7 November kemarin di Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta. Luna adalah smartphone hasil kerjasama antara Luna Indonesia dengan Foxconn. Netters tentunya sudah tak asing dengan Foxconn, perusahaan Cina yang dipercaya Apple untuk memproduksi iPhone.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Dalam kesempatan tersebut, Rudiantara juga menyatakan bahwa Luna turut serta dalam mensukseskan transisi ekosistem dari 2G ke 4G. Pemerintah sendiri sedang fokus melakukan akses pemerataan broadband di seluruh pelosok kabupaten di Indonesia. Tentu saja jumlah device harus sebanding dengan jaringan. Nah, di situlah andil Luna untuk memberi dukungan dalam penyediaan device 4G.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dalam Acara Peluncuran Luna
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dalam Acara Peluncuran Luna

Kolaborasi Luna Indonesia dan Foxconn

Selain itu Luna juga telah memenuhi persyaratan dari aturan TKDN pemerintah. TKDN atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri adalah proporsi komponen pada perangkat 4G. Paling tidak smartphone 4G yang beredar di Indonesia sudah harus memiliki minimal kandungan lokal 30%.

Nah, proses perakitan Luna ini memang dilakukan di Indonesia, tepatnya di Semarang oleh PT. ETI Luna Indonesia. Jadi baik itu tenaga kerja, komponen rakitan, dan luas jalur produksi telah sesuai dengan ketetapan pemerintah. Dana investasi pun berasal dari pihak Luna Indonesia. Jumlah biaya untuk pembangunan pun tak sedikit. Jumlah investasi yang digelontorkan sekitar Rp 100 miliar sampai 200 miliar. Lalu apa peran Foxconn dalam produksi Luna ini? Ternyata Foxconn melakukan transfer teknologi, yaitu teknologi perakitan CNC delapan tahap.

Namun demikian, Rudiantara berharap Foxconn tak hanya berkolaborasi dalam hal hardware saja, tetapi juga dalam hal software. Sebab bila hanya fokus pada hardware, bisa jadi nanti Indonesia hanya akan diadu dengan Kamboja. Menurut Rudiantara, bila desain suatu smartphone dibuatkan patennya, maka hal tersebut pun sudah masuk dalam komponen TKDN.

(Visited 251 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Comment (1)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.