Yuk Intip Penampakan Smartphone Lipat Samsung Pertama

Kini melihat smartphone dengan layar lengkung sudah biasa, lalu apa inovasi berikutnya? Samsung tampaknya memikirkan inovasi besar perangkat keras berikutnya yang akan tiba dengan smartphone yang dapat dilipat.

Pada tahun 2015 lalu, perusahaan telah dirumorkan untuk meluncurkan perangkat yang dapat dilipat pertamanya pada tahun ini. Tetapi hal tersebut belum terjadi dan tampaknya juga masih belum terwujud sebelum 31 Desember nanti. Sementara April lalu diinformasikan bahwa smartphone lipat Samsung pertama memiliki nama kode Project Valley akan muncul di tahun 2017.

Desain Smartphone Lipat Berdasarkan Paten

Dari seluruh informasi tersebut, belum pernah terlihat pada akhirnya perangkat yang dibicarakan itu akan memiliki tampilan seperti apa. Namun berkat pendaftaran paten yang terungkap hari ini ada tiga foto dan satu sketsa mengenai keberadaan smartphone lipat Samsung. Hal tersebut dapat dilihat pada gambar di atas yang telah dipublikasikan ke khalayak umum.

Jika smartphone ini memang menarik, berarti seperti kembali saja ke masa ponsel flip. Bedanya kali ini menggunakan satu layar besar yang dapat ditekuk. Desain gadget dengan desain engsel tentu mengingatkan pada laptop Surface Book. Ini berarti dua bagian dari smartphone tidak paralel ketika ditutup.

Pada bagian depan smartphone terdapat fitur tombol Home Samsung yang klasik. Letak tombol tersebut berada di antara tombol Back pada bagian kanan dan tombol Menu di sisi kiri. Tombol Menu tersebut sudah ditiadakan beberapa tahun lalu. Tentu ini semakin menununjukkan bahwa raksassa teknologi Korea Selatan tersebut telah lama mengerjakan proyek ini.

Rasio tampilan sepertinya 21:9 atau mendekati nilai itu. Akan sangat menarik untuk melihat seberapa berguna layar tersebut dengan tampilan yang tinggi dan sempit. Smartphone Project Valley ini akan dipasarkan dengan nama Galaxy X.

Produksi Smartphone Lipat Samsung

Ilustrasi Smartphone Lipat Samsung
Ilustrasi Smartphone Lipat Samsung

Wujud ini tampaknya berbeda dengan laporan di bulan April yang memberikan ilustrasi layar yang tampilannya melebar. Pada laporan tersebut dikatakan bahwa Samsung akan mulai memproduksi smartphone dengan layar yang dapat dilipat pada akhir tahun ini. Dan smartphone lipat tersebut akan dijual mulai tahun depan.

Catatan laporan tersebut mengatakan bahwa spesifikasi perangkat Samsung yang dapat dilipat tersebut memiliki ukuran layar 5 inci saat dilipat. Dan ketika dibuka akan menjadi tablet dengan layar berukuran 7 inci. Chipset yang akan digunakan kemungkinan adalah Snapdragon 620 dan 820 pada smartphone Project Valley. Kinerja dari smartphone akan didukung oleh RAM berkapasitas 3GB.

Selain Samsung, Apple pun telah mendaftarkan paten smartphone lipat, dan paten tersebut telah disetujui.

 

(Visited 162 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Comment (1)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.