Apple Uji 4 Model iPad Pro Baru di San Francisco dan Cupertino

Netters tentu sudah mengikuti info demi info mengenai tablet iPad Pro baru besutan Apple yang akan datang. Nah kabar terbaru datang dari perusahaan marketing ponsel, Fiksu, yang mengungkapkan bahwa sejumlah tablet dengan platform iOS tengah diuji. Wilayah pengujian tablet tersebut berada di seputar San Francisco dan Cupertino.

Pengujian 4 Model iPad Pro Baru

Data dari Fiksu menunjukkan bahwa Apple menguji empat tablet yang berbeda. Fiksu memiliki pelacakan khusus dan atribusi SDK yang digunakan oleh ribuan aplikasi. Apple menginstal aplikasi pada perangkat mereka saat mengujinya, dan beberapa aplikasi tersebut terikat dengan dukungan kemampuan pelacakan Fiksu.

Fiksu telah memergoki tablet iOS yang mengusung nama model internal seperti “7,1” “7,2,” “7,3,” dan “7,4”. Model yang paling sering muncul adalah 7,1 yang tampil 17 kali. Diikuti dengan model 7,2 sebanyak 11 kali dan 7,4 sebanyak 10 kali. Sementara mode 7,3 hanya tampil 5 kali.

Satu bulan sebelum peluncuran iPad Pro besutan Apple terakhir, Fiksu melihat model “6,3/6,4” dan “6,7/6,8” sedang diuji di sekitar Cupertino. Perangkat baru yang diuji belakangan ini menjalankan gabungan dari iOS 10.3 beta dan iOS 11.

Analisa Penjualan Produk iPad

Menurut analis Sekuritas KGI yang biasa diandalkan menganalisa Apple, Ming-Chi Kuo, Apple akan mengungkapkan tiga iPad Pro baru. Tablet tersebut merupakan update dari model iPad Pro 9,7 inci dan 12,3 inci saat ini. Sementara versi 10,5 inci akan menggantikan iPad Pro berukuran 9,7 inci dan menghadiran fitur tanpa bingkai. Varian tersebut dan model iPad Pro 12,3 inci yang diperbaharui akan menggunakan chip A10X. Sementara model 9,7 inci yang dipertimbangkan sebagai versi budget akan menggunakan chip A9 yang juga dipakai iPhone 6s. Kuo memperkirakan bahwa versi budget tersebut akan meraih 50% sampai 60% dari penjualan yang dihasilkan oleh tiga model baru tersebut.

Seperti halnya market tablet lainnya, iPad telah mengalami penurunan penjualan selama beberapa tahun. Selama tahun fiskal kuartal pertama Apple yang berakhir Desember, Apple berhasil meraih pendapatan $5,5 miliar dengan menjual 13,3 juta iPad. Pendapatan tersebut turun 22% secara year-over-year dan jumlah tablet yang dijual 19% lebih rendah dari tahun lalu.

Masalah penurunan ini adalah karena perangkat tersebut tak memiliki siklus penggantian 2 tahun layaknya smartphone. Untuk membuktikan hal tersebut, Fiksu menunjukkan bahwa empat generasi iPad pertama ditambah dengan iPad mini awal mengambil proporsi 45% dari penggunaan iPad saat ini. Padahal tablet-tablet tersebut dijual antara tahun 2010 dan 2012.

Well, ternyata semakin awet barang dan setia penggunanya, semakin menurun pendapatan dari produsen barang tersebut.

This slideshow requires JavaScript.

(Visited 85 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.