Keren! Bluetooth Ini Bisa Deteksi Radiasi Nuklir

Jika bom nuklir membuat bumi menjadi tempat yang sangat terpapar radiasi, tentunya Netters khawatir, bagaimana menjaga diri agar tetap aman? Demi keselamatan diri, tentunya harus menemukan arah yang tepat untuk meloloskan diri dari penyakit akibat radiasi yang tak terelakkan. Nah, kini tak perlu khawatir lagi, Internet of Things siap mendukung Netters dengan perangkat wearable dengan koneksi Bluetooth yang didukung aplikasi pelacak radiasi pribadi.

Nama perangkat ini adalah Dosime. Perangkat ini tak dirancang untuk menghadapi kiamat akibat nuklir, tetapi cukup berguna bagi orang-orang yang khawatir terhadap kesehatan mereka. Induk perusahaan Dosime adalah perusahaan keselamatan radiasi, Mirion Technologies. Perusahaan tersebut mengingatkan bahwa satu dari tiga orang Amerika tinggal dalam radius 50 mil dari pembangkit tenaga nuklir. Perangkat ini akan memungkinkan mereka untuk mendeteksi dan melaporkan paparan radiasi secara real-time di rumah mereka dan memastikan pikiran tenang.

Statistik 1 dari 3 tersebut sangat akurat, dan pada faktanya kemungkinan malah terlalu sedikit. Data tahun 2000 Federal Emergency Management Agency menunjukkan 184 juta warga Amerika tinggal pada radius 50 mil dari pembangkit tenaga nuklir. Angkat tersebut mendekati 60% dari populasi. Namun demikian efek dari paparan radiasi cakupan ini tak terlalu drastis dari yang dipikirkan. Setahun tinggal berjarak 50 mil dari pembangkit tenaga nuklir hanyalah 1/3 radiasi tinggal 50 mil dari pembangkit tenaga batu bara. Dan ini menjadikan radiasi 133 kali lebih rendah dari yang diperoleh dari sekali penerbangan dari New York ke Los Angeles.

Detektor Radiasi Dosime

Sehingga tampaknya Dosime bukanlah pilihan yang bagus jika ingin mengkhawatirkan mengenai radiasi tersebut. Perangkat ini dapat disimpan pada rak untuk memantau radiasi di rumah atau dipasang pada pakaian saat berjalan-jalan keluar. Setiap empat detik, perangkat ini akan memindai keberadaan sinar X dan sinar Gamma. Hubungkan dengan aplikasi smartphone melalui Bluetooth. Maka aplikasi tersebut akan memberikan peringatan jika situasi tak aman. Bayangkan saja, Netters bisa memiliki smartphone dengan notifikasi mengenai bencana nuklir.

Detektor Radiasi Dosime
Detektor Radiasi Dosime

Dosime dibandrol dengan harga $249 atau sekitar Rp 3,3 juta dan akan segera dijual pada awal tahun ini. Jika tak sabar memilikinya, Netters bisa juga membeli peralatan kelas militer yang bisa melakukan hal sama hanya dengan $150 atau setara dengan Rp 2 juta. Namun demikian, harga tersebut merupakan harga tanpa aplikasi.

 

(Visited 152 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.