Samsung Umumkan Headset Gear VR dan Kamera Gear 360

Seiring dengan peluncuran Galaxy S8, Samsung juga mengumumkan berbagai perangkat canggih lain pada acara tersebut. Gear VR baru akan diberikan satu paket dengan duo smartphone andalan Samsung bagi mereka yang melakukan pre order. Selain itu terdapat juga kamera Gear 360 yang diperbaharui untuk membuat foto dan video 360° .

Gear VR

Pada dasarnya headset ini sama dengan sebelumnya, tetapi telah disesuaikan agar pas dengan Galaxy S8. Smartphone andalan baru Samsung tersebut sangat cocok untuk VR dengan layar ekstra lebar yang dapat membantu memperluas bidang pandangan. Kemudian ada pula prosesor grafis yang sangat canggih.

Kini pengendali gerakan menjadi bagian dari paket VR yang terlihat mirip dengan pengendali Daydream. Pada sisi lainnya, terdapat pemicu berupa trackpad bundar yang dapat di-klik,  ditambah tombol bantuan berupa Back, Home dan pengendali volume.

Pengontrol ini membuat game VR menjadi lebih nyata karena memungkinkan untuk berinteraksi dengan lingkungan di sekitar, tak hanya pengamat pasif. Selain itu ada pengendali sentuh pada bagian samping headset. Headset ini juga kompatibel dengan Galaxy S6.

Pengendali dapat dibeli secara terpisah seharga $40 atau sekitar Rp 532 ribu. Perangkat ini cocok untuk  semua orang yang menggunakan Galaxy dan Gear VR yang lebih lama.

Gear VR dan pengendalinya akan mulai dijual pada 21 April dengan harga $129 atau sekitar Rp 1,7 juta.

Gear 360

Kendati tak terlalu VR, panorama berbentuk bulat, baik untuk foto dan video cukup menyenangkan dengan headset VR. Gear 360 baru ini dibuat berdasarkan pendahulunya yang memungkinkan Netters untuk memotret konten yang jauh lebih baik dan lebih banyak.

Perekaman video 4K menunjukkan peningkatan dibandingkan pendahulunya yang QHD. Resolusi kritikal untuk panorama 360° yang direntangkan pada bidang yang lebih lebar dari pandangan ketimbang pemotretan normal (biasanya sekitar 75°).

Netters juga bisa menyiarkan video secara live ke YouTube dalam 2K sehingga teman-teman dapat ikut bergabung pada liburan secara virtual. Perlu diingat bahwa kerja berat dari proses ini dilakukan oleh aplikasi pada smartphone. Sehingga kemungkinan smartphone yang lebih rendah kecepatannya ketimbang Galaxy S8 tak bisa melakukan tugas ini.

Kapasitas baterai kamera Gear 360 baru ini lebih besar. Kini kamera tersebut tak memiliki kaki, melainkan bertumpu pada alas berbentuk silinder. Perangkat ini akan hadir pada kuartal kedua dan dibandrol dengan harga $350 atau sekitar Rp 4,7 juta.

(Visited 133 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.