Kini Apple Menjadi Raja Wearable, Fitbit Semakin Terpuruk

Netters, pasar wearable tumbuh secara perlahan, tetapi dinamikanya berubah. Berdasarkan Strategy Analytics, Apple telah mengalahkan Fitbit dari posisi puncak dengan 3,5 juta wearable yang terjual selama kuartal pertama tahun ini.

Market Share Wearable

Angka tersebut melonjak 59% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Apple telah berpacu menjadi terdepan di market yang hanya tumbuh 21% secara tahunan dengan jumlah keseluruhan 22 juta unit yang dijual. Sementara Fitbit turun dari posisi pertama dengan 4,5 juta pada kuartal pertama 2016 ke posisi ketiga dengan hanya 2,9 juta pada kuartal pertama 2017. Ini merupakan penurunan yang drastis.

Xiaomi juga mengalami penurunan dari 3,8 juta ke 3,5 juta. Tetapi masih menjaga market share yang cukup, yaitu 15% untuk naik ke posisi kedua. Market juga terdiversifikasi, produsen di luar peringkat ketiga pun naik dari 7,7 juta ke 12,2 juta.

Sebagian besar pertumbuhan berasal dari Amerika Utara, Eropa dan Asia. Apple Watch 2 secara khusus merupakan produk laris di Amerika Serikat, Kerajaan Inggris dan beberapa negara lain, sehingga membantu pemasaran yang kuat.

Xiaomi pun banyak memasarkan smart band. Fitbit memiliki berbagai variasi dari pelacak kebugaran dan smartwatch walau bukan Android Wear. Sementara Apple hanya memasarkan smartwatch, sehingga angkanya tak selalu dapat dibandingkan secara langsung.

Namun demikian kesimpulan utama dari hal ini adalah Fitbit yang pernah menjadi pemimpin market kini berada dalam masalah. Penjualan berikut dengan pendapatan dan laba telah turun dan membutuhkan perjuangan untuk memulihkannya.

(Visited 53 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.