Xiaomi Kalahkan Fitbit Duduki Peringkat Pertama Pasar Wearable

Netters, seperti telah diketahui, pasar wearable cerdas tumbuh dengan langkah yang pelan. Pertumbuhan year-on-year di bidang ini sebesar 8% dengan total 21,6 juta unit yang dikirim pada kuartal kedua tahun 2017. Data tersebut berasal dari Canalys dan Strategic Analytics (SA).

Posisi Pada Pasar Wearable

Perusahaan asal Cina, Xiaomi berhasil menaklukkan persaingan dengan menduduki posisi teratas pertama kalinya. Berdasarkan data Canalys, jumlah wearable yang dikirimkan ke pasar industrii tersebut adalah 3,5 – 3,7 juta unit. Sementara berdasarkan informas dari SA, Fitbit mengalami penurunan year-on-year sebesar 34% menjadi 3,3 – 3,4 juta unit. Market share Fitbit ini anjlok hampir setengahnya.

Apple yang pada tahun 2016 memiliki market share mendekati 50% merosot di posisi ketiga dengan jumlah pengiriman 2,7-2,8 juta unit. Tentu saja Apple fokus pada Watch premium, sementara Xiaomi dan Fitbit sangat mengandalkan pada gelang kebugaran yang terjangkau untuk mencapai angka tersebut. Jumlah wearable Apple hampir dua kali lipat jika dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.

Analis Canalys yakin Apple akan meningkatkan pengiriman unitnya berkat smartwatch dengan konektivitas built-in. Perusahaan asal Cupertino tersebut belum merilis smartwatch tersebut, tetapi analis tersebut berpikir bahwa ikatan yang kuat antara perusahaan dengan operator telekomunikasi akan mendorong Apple Watch mendahului jam Android dan Tizen yang telah memiliki konektivitas LTE. Startegy Anaytics menambahkan bahwa peningkatan pelacak kesehatan akan menjadi keuntungan lain bagi Watch Series 3.

(Visited 40 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.