Para Pegiat Media Sosial, Komunitas dan Organisasi Ramaikan Kampanye #BijakBersosmed

Netters, para pegiat media sosial, komunitas dam berbagai organisasi yang peduli media sosial meluncurkan gerakan #BijakBersosmed di Auditorium Indosat Ooredoo. Indosat Ooredoo memang mendukung penuh gerakan inisiatif netizen tersebut. Acara tersebut dihadiri juga oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Tujuan gerakan ini adalah untuk mendorong dan menjaga pemakaian media sosial di Indonesia yang aman, cerdas, biak dan sehat.

“Gerakan #BijakBersosmed adalah awal dari usaha menjadikan media sosial sebagai tempat menyampaikan informasi yang baik dan benar. Selain itu bisa juga untuk melahirkan inovasi baru, bertukar ide dan menghargai perbedaan pendapat dengan santun.  Indosat Ooredoo mendukung kampanye pemakaian media sosial yang bijak ini,” ucap Ripy Mangkoesoebroto, Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo.

Gerakan ini muncul akibat keprihatinan para pegiat media sosial yang sadar bahwa media sosial merupakan gaya hidup masyarakat Indonesia. Sekitar 51% dari total populasi Indonesia terhubung melalui dunia maya dengan perangkat digital. Sementara dinamika politik, ekonomi dan sosial yang penuh persaingan membuat media sosial menjadi riuh rendah. Maka sekelompok orang pun memanfaatkan hal tersebut untuk membuat konten yang memecah belah persatuan, tak bertanggung jawab demi meraup keuntungan semata. Gerakan #BijakBersosmed ini mendorong masyarakat agar lebih bijak memakai media sosial agad dapat memperkuat pesan positif.

Peluncuran gerakan ini sekaligus memperingati hari Kemerdekaan Indonesia dan ulang tahun Indosat Ooredoo. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Informasi, Samuel Abrijani Pangerapan turut serta dalam peluncuran tersebut dan mengapresiasi gerakan ini. Selain itu hadir juga Enda Nasution, Koordinator Gerakan #BijakBersosmed.

“Kemerdekaan yang diraih saat ini bukanlah kemerdekaan untuk menjadi seenaknya, tetapi harus bijak menggunakan kemerdekaan. Hal ini pun berlaku pada kebebasan berekspresi di media sosial,” ucap Samuel Pangerapan.

“Peluncuran gerakan ini merupakan awal dan bukan akhir. Tahun 2018 dan 2019 akan menjadi tahun politik. Pertentangan dan persaingan untuk memenangkan perhatian publik melalui platform media sosial akan semakin sengit. Maka cara memakai media sosial secara lebih bijak akan menjadi batu ujian bersama,” ucap Enda Nasution.

Kegiatan Gerakan #BijakBersosmed

Para pegiat media sosial dan komunitas pun saling memberi saran mengenai kegiatan #BijakBersosmed di masa depan. Hal tersebut mencakup rencana sosialisasi dan kegiatan pertemuan di berbagai kota. Kegiatan utama gerakan ini adalah melakukan penyebaran informasi mengenai penggunaan media sosial yang lebih bijak yang didukung video-video informatif dan e-book. Selain itu tersedia juga pernyataan ikrar secara online yang dapat dilakukan di situs www.bijakbersosmed.id.

(Visited 85 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.