Inilah 4 Trik Termudah Menikmati Lensa Fix dengan Asyik dan Menyenangkan

Beberapa waktu yang  lalu, Leica merilis tiga lensa wide terbarunya dengan tiga lensa fix alias tidak bisa di-zoom. Masing-masing yakni Summicron-M 35mm f/2, Summicron-M 28mm f/2, dan Elmarit M 28mm f/2,8. Dari peluncuran tersebut tentu Leica hendak mempertahankan genre lensa fix demi menjaga performa dan standar kualitas fotografi. Bukan karena harganya yang relatif lebih mahal, akan tetapi lebih kepada ketajaman, akurasi dan cara bertutur yang lebih representatif dari lensa zoom.

Bagi kalangan pemula fotografi  tentu menilai lensa fix terdengar sangat membingungkan kerena lensa fix tidak bisa maju mundur sehingga tidak bisa mendekatkan subjek yang jaraknya jauh. Perempuan cantik di balkon atau para gadis payung di lintasan balap tidak bisa dijepret dengan close up.

510133e9-1a5d-4a3b-b081-3618c1a28822_169

Yang jadi Pertanyaannya, bagaimana cara menikmati dan memaksimalkan lensa wide fix dengan tidak bisa di zoom tersebut? Inilah caranya :

Pertama : Manfaatkan kelebihan aperture lensa fix dengan efektif dan lebih efesien. Cobalah untuk menggunakan pada aperture favorit seperti f/1,8, f/2,8, f/5,6, f/9, f/11 dan f/13. Pada diafragma tersebut, lensa fix teruji dengan ketajaman gambar baik untuk lansekap (diafragma terkecil) atau detil/close up (diafragma terbesar).

Kedua : Gunakan lensa wide fix untuk sesi foto yang direkomendasikan seperti streetphotogaphy, traveling, portrait dan dokumenter. Sementara untuk genre foto yang tidak memungkinkan seperti photojournalist, wildlife maupun sport photograhy lebih baik Anda menghindarinya terlebih dahulu.

Ketiga : Rasakan sensasi memotret dengan nyaman dan fokuskan pada subjek foto yang ada di depan. Beberapa pengguna lensa fix membatasi pada subjek yang berada di tiga atau empat meter di depan lensa. Selain dari itu tidak bisa dan lupakan saja.

Keempat : Harus mendekat terhadap subjek karena tidak bisa zoom agar memperoleh hasil foto yang maksimal. Nah, menyapa dan berinteraksi langsung akan memberikan sesuatu hal yang tidak terduga dan akan sangat mengejutkan.

Dengan mengetahui penggunaan yang tepat, lensa lebar tanpa zoom ini bisa memperoleh gambar yang maksimal dan sesuai keinginannya tentunya sehingga  Memotretpun menjadi menyenangkan dan membuat semangat tersendiri.

(Visited 243 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.