Apple akan Bangun Pabrik iPhone di Amerika?

Apple dilaporkan telah meminta mitra produksi iPhone, yaitu Foxconn dan Pegatron untuk menyelidiki cara mengusung perakitan iPhone ke Amerika Serikat. Saat ini, seluruh iPhone dan hampir seluruh produk Apple diproduksi dan dirakit di Cina. Laporan Nikkei mengatakan bahwa Foxconn secara aktif meneliti cara membuat iPhone di Amerika Serikat. Namun tampaknya Pegatron menolak permintaan Apple karena pertimbangan biaya.

Suatu sumber yang dikutip mengatakan bahwa produksi iPhone secara domestik berarti meningkatkan biaya lebih dari dua kali lipat. Selama bertahun-tahun Apple menerima kritikan mengenai ketergantungannya pada pabrik Cina. Tetapi masalah ini menjadi pusat perhatian baru-baru ini karena presiden terpilih Donald Trump akan memaksa Apple membuat produknya di Amerika.

Seperti banyak kebijakan Trump lainnya, sejauh mana maksudnya untuk mewujudkan rencana itu masih tidak diketahui. Meski masih menimbulkan ketidakpastian tentang rantai pasokan Apple. Laporan tersebut mengatakan sumber dalam rantai pasokan Apple yakin Trump akan mendorong Appe untuk membuat sejumlah persentase iPhone di Amerika. Apapun kenyatakannya, merupakan hal yang masuk akal bagi Apple untuk mengeksplorasi produksi iPhone lokal dan pada akhirnya penting untuk dipersiapkan.

Laporan tersebut tidak mengatakan apakah Apple, Foxconn atau Pegatron memiliki rencana untuk mulai produksi di negera paman Sam itu. Sementara Foxconn melakukan penelitian, juga tidak diketahui apakah keputusan tersebut akan praktis. Laporan tersebut juga mencatat bahwa pimpinan Foxconn tidak terlalu antusias dengan gagasan memindahakn produksi Apple jauh dari Cina.

Peluang Produksi di Amerika

Dari sudut pandang Apple, tampaknya tak mungkin perusahaan akan memindahkan produksi iPhone ke Amerika tanpa alasan keuangan untuk melakukannya. Jika administrasi pemerintahan Trump memutuskan untuk mengenakan pajak impor perusahaan yang sangat besar, maka akan lebih murah bagi Apple untuk memproduksi di Amerika dan menyerap biaya produksi yang lebih tinggi.

Sampai hari ini hampir seluruh perakitan produk Apple dilakukan di Cina, baik itu iPhone, iPad dan Mac. Pengecualiannya untuk produk yang jumlahnya sedikit dan mahal seperti Mac Pro yang diproduksi Apple di pabrik Amerika Serikat. Di masa lalu, CEO Apple, Tim Cook telah menyingkirkan kemungkinan membuat iPhone di negeri Paman Sam tersebut, karena tenaga kerja mereka yang mahal. Kemarin, suatu laporan dari pemasok menegaskan kembali posisi ini, dengan mengatakan bahwa desakan Donald Trump untuk membuat iPhone di Amerika adalah hal yang tak mungkin.

 

(Visited 191 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.