Samsung Investasikan Rp 93,3 Triliun Pada Jalur Produksi Proses 10 nm dan 7 nm

Samsung akan luncurkan smartphone pertama mereka dengan chipset yang dibuat dengan proses 10 nm, yaitu Galaxy S8. Smartphone tersebut akan menggunakan chipset Snapdragon 835 atau Exynos 8895, tergantung dari marketnya. Perusahaan Korea tersebut memiliki rencana besar bagi jalur produksi mereka. Hal ini diungkapkan dengan mengumumkan akan menginvestasikan KRW 8 triliun atau sekitar Rp 93,3 triliun untuk memperluasnya. Dengan dana tersebut, perusahaan juga akan membangun fasilitas proses 7 nm yang baru pada tahun 2018.

Investasi Pada Jalur Produksi Samsung

Sumber tersebut mengungkapkan bahwa pada 13 Maret, Samsung Electronics mengambil keputusan berani untuk memperluas jalur produksi semikonduktor sistem 10 nm. Perluasan tersebut dilakukan di kota industri Hwaseong, sekitar 40 km ke barat daya dari kota Seoul. Perusahaan tersebut telah memesan peralatan dari mitra lokal dan mancanegara yang akan tiba pada bulan Mei. Para kuartal kedua, Samsung akan menginvestasikan Rp 29,1 triliun dari investasi ke produksi 10 nm saat ini. Jalur produksi tersebut akan membuat chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan Exynos 9 Series.

Raksasa teknologi ini juga memiliki harapan yang tinggi untuk chipset 7 nm yang akan mempersenjatai smartphone pada tahun 2018. Fasilitas baru akan dibangun di sebelah Jalur 17, lokasi dari pabrik Samsung. Alasan pergeseran yang sangat besar ini adalah TSMC. Pesaing utama Samsung Electronics tersebut merebut transaksi dengan Apple dengan membuatkan prosesor A10 dan A10X mereka. Transaksi tersebut cukup memukul keras perusahaan Korea tersebut. Sisa dari investasi, akan memastikan Samsung memproduksi 30 ribu wafer 7 nm per bulan.

Perwakilan dari Samsung mengatakan kepada sumber bahwa jika perusahaan dapat memenangkan transaksi dengan Apple, maka investasi dapat ditingkatkan. Namun hal tersebut akan terjadi secara perlahan karena permintaan tak setinggi chipset 10 nm.

(Visited 21 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply