Apple Berencana Tawar Bisnis Semikonduktor Toshiba

Apple sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan pemasok mereka, Foxconn dalam menawar bisnis semikonduktor Toshiba. Ini merupakan berita terkini dari penjualan produsen chip memori terbesar kedua di dunia tersebut.

Raksasa teknologi Amerika tersebut sedang mempertimbangkan untuk menginvestasikan setidaknya beberapa miliar dolar. Hal ini untuk mengambil saham lebih dari 20% yang dapat menjaga Toshiba untuk tetap menjaga kendali bisnis di bawah Amerika dan Jepang.

Proposal tersebut bertujuan untuk menenangkan kekhawatiran pemerintah Jepang terhadap segala transfer teknologi sensitif ke investor yang berisiko pada keamanan nasional.

Foxconn yang berpartisipasi pada putaran pertama lelang telah dipertimbangkan sebagai risiko karena ikatan yang dalam dengan Cina. Sejumlah besar iPhone Apple diproduksi pada pabrik besar Foxconn yang berada di Cina.

NHK mengatakan Apple menginginkan perusahaan Taiwan tersebut memiliki saham sekitar 30% dari bisnis chip Toshiba. Apple tak segera memberi komentar, demikian juga dengan Foxconn yang secara formal dikenal sebagai Hon Hai Precision Industry menolak berkomentar.

Investasi yang dilakukan oleh Apple akan menjadi kepentingan langsung pertama pada produsen memori global utama tersebut. Karena perusahaan tersebut memang ingin mengamankan pasokan yang stabil dari komponen utama. Produsen chip memori flash terbesar adalah Samsung yang diikuti dengan Toshiba, SK Hynix, dan Micron Technology yang berpusat di Amerika.

Laporan ini tiba seiring Western Digital Corp, yang merupakan mitra Toshiba dan salah satu penawar bisnis chip tersebut mengingatkan bahwa perusahaan Jepang tersebut melanggar kontrak kerjasama mereka dalam rencana penjualan chip mereka. Dan mendesak untuk diberikan hak tawar menawar yang eksklusif.

Lelang aset yang berharga merupakan hal yang penting bagi rencana Toshiba untuk menutupi penghapusan beberapa miliar pada Westinghouse, unit nuklir Amerika yang terperosok dalam krisis.

Calon Pembeli Bisnis Semikonduktor Toshiba

Suatu sumber mengatakan bahwa Toshiba telah mempersempit penawar chip unit mereka menjadi empat calon pembeli. Keempat calon tersebut adalah produsen chip Amerika, Broadcom yang bermitra dengan perusahaan private equity Silver Lake Partners, SK Hynix dari Korea Selatan, Foxconn yang merupakan produsen elektronik dengan kontrak terbesar di dunia, dan Western Digital.

Broadcom telah memberikan penawaran tertinggi pada putaran pertama, yaitu 2,5 triliun yen, sementara Foxconn menawarkan 2 triliun yen.

Apple tak menjadi bagian dari empat penawaran tersebut. Masih belum jelas apakah Apple telah berpartisipasi pada putaran pertama lelang yang menarik sekitar 10 tawaran.

Pada hari Jumat lalu, saham Toshiba turun 5% akibat laporan Bloomberg bahwa penjualan bisnis chip ditunda sementara. Hal ini demi mengatasi kehawatiran yang timbul dari Western Digital, namun disangkal oleh Toshiba. Juru bicara Toshiba mengatakan bahwa tidak benar Toshiba menunda proses penjualan bisnis chip mereka.

(Visited 98 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.