Qualcomm Ingin Apple Dilarang Impor iPhone di Amerika

Netters, pertarungan mengenai royalti antara Apple dan Qualcomm semakin tajam. Bulan lalu, Apple memutuskan untuk menghentikan membayar royalti pada produsen chip tersebut sampai kekacauan tersebut dibereskan. Tak perlu dikatakan bahwa hal tersebut tak berlangsung terlalu baik di San Diego, tempat kantor pusat Qualcomm. Sebagai hasilnya, Qualcomm pun meminta Komisi Perdagangan Internasional untuk menerapkan pelarangan perdagangan pada impor iPhone ke Amerika Serikat. Adanya pelarangan perdagangan tersebut dapat mengacaukan peluncuran iPhone 8 yang sangat diantisipasi.

Pertikaian mengenai paten dilakukan oleh Qualcomm yang memungkinkannya untuk mengenakan royalti pada smartphone dengan koneksi internet berkecepatan tinggi. Bahkan jika smartphone tersebut tidak menggunakan komponen dengan nama Qualcomm, perusahaan  tersebut tetap dapat mengenakakn royalti. Apple mengatakan bahwa hal tersebut tidak adil dan telah dapat melakukan balas dendam dengan tidak membayar Qualcomm. Saat ini Qualcomm akan membukukan laba yang lebih rendah pada kuartal kedua dibandingkan yang diperkirakan sebelumnya, semua karena Apple tak mau membayar.

Qualcomm Berusaha Agar Apple Dilarang Impor iPhone

Apple telah mengajukan beberapa gugatan hukum melawan Qualcomm mengenai uang yang dikatakan sebagai hutang Qualcomm. Raksasa teknologi tersebut mengatakan bahwa produsen chip tersebut menggunakan “taktik eksklusif dan royalti berlebih” untuk mencapai posisinya saat ini. Bulan lalu Qualcomm membalas Apple dengan  beberapa klaim yang bertentangan yang ditambahkan pada keluhan Apple. Dan kini Qualcomm telah menjambak Apple dengan mengancam agar Komisi Perdagangan Internasional melarang impor iPhone.

Perlu diingat bahwa membuat Komisi Perdagangan Internasional memerintahkan pelarangan itu perlu proses panjang yang pada akhirnya membutuhkan presiden untuk meninjau segala Permintaan Eksklusif yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah. Pada tahun 2013, Komisi Perdagangan Internasional telah memerintahkan pelarangan penjualan iPhone 3GS, iPhone 4, iPad, iPad 2 dan iPad 3 karena Apple melanggar paten Samsung. Namun demikian Presiden Obama melakukan veto pada pelarangan tersebut yang merupakan hak prerogatif presiden.

(Visited 46 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.