Inilah Penampakan Fuji X70, Kamera Bergaya Rangefinder Dibanderol Rp. 9,7 Jutaan

Perusahaan kamera ternama tenty adalah Jepang, Fuji kini punya primadona baru di kelas kamera saku papan atasnya. Kamera saku ini diberi nama Fuji X70. Kamera dengan gaya khas rangefinder ini merupakan versi mini serta versi murah dari pendahulunya, Fuji X100 yang diluncurkan pada tahun 2011 lalu.

Kamera saku Fuji X70 ini dibekali dengan sensor yang masih sama dengan sensor yang digunakan pada X100T, yaitu sensor X-Trans II berformat APS-C dengan resolusi 16MP. Perbedaan dari kedua kamera ini hanya ada pada bodi X70 yang jauh lebih kecil ketimbang pendahulunya.

Sementara itu, perusahaan tetap mempertahankan bermacam kontrol yang ada di seri X100, seperti tombol putar di bagian atas kamera untuk mengatur kompensasi dan shutter speed. Selain itu, ada juga kontrol diafragma di bagian ring belakang lensa.

DSCF7056

Tak cuma bodi  yang lebih ringkas, Fuji juga menghilangkan hybrid viewfinder yang sudah ada di tiga generasi X100. Sebagai gantinya perusahaan ini menyematkan hotshoe khusus yang bisa dipakai untuk memasang viewfinder eksternal, namun sayangnya Fuji menyebut ini akan dijual dengan harga lumayan tinggi.

Fuji ini menggunakan lensa 18,5 mm f/2,8, yang bukan diafragmanya lebih kecil ketimbang bukan diafragma pada seri X100 yang memakai lensa 23 mm f/2. Lensa 18,5 mm ini setara dengan lensa 28 mm pada sensor full frame, ketimbang 35 mm pada kamera X100.

Kini Fuji telah menggunakan teknologi layar sentuh dan hal tersebut lebih bagus dari seri sebelumnya. Bahkan Fuji X70 adalah kamera Fuji di seri X pertama yang memiliki fitur layar sentuh. Layar tersebut juga bisa diputar 180 derajat untuk memudahkan saat akan berfoto selfie.

Bicara masalah harga dan ketersediaanya, tentu Fuji X70 ini akan mulai tersedia pada bulan ini. Sedangkan untuk harganya, Fuji membanderol harga USD 699 atau sekitar 9,7 juta Rupiah. Mungkin harga ini terdengar cukup mahal, akan tetapi jika dibandingkan dengan seri sebelumnya yang dibanderol skitar USD 1.299 (Rp18 juta) tentu X70 jauh lebih murah. Anda tertarik untuk membelinya?

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.