Analis Prediksi Potensi Apple Membeli Netflix

Netters, duduk di tumpukan uang $256 miliar tentu membuat CEO Apple, Tim Cook tak gampang. Pemegang saham ingin melihat tumpukan uang tersebut berkurang dan membuat uang tersebut bekerja. Perusahaan asal Cupertino tersebut telah membelanjakan $211,1 miliar dari $250 miliar program pembelian saham kembali yang terotorisasi. Dan telah menambahkan $50 miliar lagi ke program tersebut, menaikkan jumlahnya menjadi $300 miliar. Kuartal lalu, raksasa teknologi tersebut telah mengembalikan sebesar $10 miliar ke investor dalam bentuk dividen $3,2 miliar dan $7 miliar pembelian kembali saham.

Beberapa pengelola dana ternama menginginkan perusahaan asal Cupertino tersebut menggunakan uangnya untuk melakukan akuisisi yang signifikan. Seorang analis Citibank bernama Jim Suva mengirimkan tulisan ke kliennya dengan judul “Mengatasi Masalah Terlalu banyak Uang Tunai”. Pada tulisannya, Suva mengatakan bahwa pemotongan 10% pada pajak repatriasi dapat memberikan perusahaan asal Cupertino tersebut amunisi untuk melakukan pembelian besar. Keringanan pajak satu kali memungkinkan raksasa teknologi tersebut mengembalikan 90% uangnya yang dimiliki di luar negeri kembali ke Amerika. Hal ini dilakukan tanpa memaksa perusahaan membayar suatu tagihan pajak yang berat.

Daftar Sasaran Akuisisi Apple

Pada tulisannya, Suva membuat daftar yang kemungkinan menjadi sasaran dari perusahaan Cupertino tersebut. Dia melakukan pembobotan seperti kecocokan strategis dan skala global dari setiap sasaran yang akan diambil alih. Demikian juga dengan dampak dari membeli perusahaan tertentu tersebut pada saham Apple. Pada akhir perhitungannya, analis menyisakan tujuh sasaran strategis bagi Apple. Pada posisi teratas adalah streamer video Netflix. Suva menghitung bahwa ada 40% kemungkinan Apple akan membeli perusahaan tersebut. Berikutnya adalah Disney. Analis tersebut memperkirakan bahwa ada seperempat kemungkinan atau 25% bahwa Apple akan mengakuisisi raksasa hiburan tersebut.

Nama lain yang berada dalam daftar adalah Hulu, Activision Blizzard, Electronic Arts, Take-Two Interactive dan Tesla. Menurut Suva, perusahaan-perusahaan tersebut semuanya memiliki 10% kesempatan atau kurang untuk dibeli oleh Apple. Dalam tulisannya, Suva mengatakan bahwa hal terbaik yang dapat dilakukan Apple dengan uangnya adalah mengambil sepertiganya dan membelanjakannya untuk akuisisi besar. Sisa dari uang dapat digunakan untuk ekspansi program pembelian saham kembali.

(Visited 37 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.