Warisan Microsoft Kinect Hadir di Berbagai Perangkat Canggih, Apa Saja?

Netters, Microsoft akhirnya mengakui bahwa Kinect benar-benar mati. Raksasa teknologi tersebut kini telah menghentikan produksi aksesori tersebut. Fast Co Design melaporkan bahwa aksesori mikrofon dan kamera kedalaman telah dijual sekitar 35 juta unit sejak tampil perdana pada November 2010.

Microsoft Kinect untuk Xbox 360 bahkan telah menjadi perangkat konsumen paling cepat dijual pada tahun 2011. Bahkan penjualan tersebut memenangkan penghargaan Guinness World Records saat itu. Pada tahun-tahun berikutnya sejak penampilan perdana Xbox 360, suatu komunitas terbentuk di sekitar Microsoft Kinect.

Teknologi tersebut terkenal di kalangan peretas yang ingin menciptakan pengalaman untuk melacak pergerakan tubuh dan merasakan kedalaman. Microsoft bahkan mencoba mengusung Kinect menjadi lebih mainstream lagi dengan Xbox One. Tetapi harga dan fitur yang diusungnya gagal untuk memenuhi harapan. Microsoft kemudian memaksa untuk menanggalkan Kinect dari Xbox One dan memproduksi aksesori yang telihat jelek untuk memasang Kinect ke Xbox One S. Sehingga malah membuat nama buruk bagi Kinect.

Produk Canggih dengan Teknologi Microsoft Kinect

Mudah untuk menilai Kinect sebagai proyek gagal, tetapi kenyataannya penelitian dan perangkat keras tersebut telah membantu perkembangan Microsoft pada produk yang lain. HoloLens menggunakan banyak teknologi Kinect untuk mendeteksi kedalaman. Dan banyak laptop kini dipasarkan dengan kamera Windows Hello yang menggunakan pembelajaran Kinect mengenali wajah orang. Microsoft bahkan menggunakan beberapa teknologi Kinect pada headset Windows Mixed Reality .

Bahkan kini Apple mengusung teknologi yang mirip Kinect menjadi mainstream pada iPhone X yang akan dijual minggu depan. Perangkat tersebut  akan dibekali dengan kamera pendeteksi kedalaman untuk mendeteksi wajah pengguna sebagai fitur pengamanan. Fitur andalan dari iPhone X besutan Apple pada dasarnya adalah miniatur dari Kinect. Apple menggunakan akuisisi PrimeSense yang merupakan produsen asli Kinect untuk menyusutkan perangkat keras tersebut ke dalam smartphone.

(Visited 51 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.