Google dan Microsoft Khawatir Akuisisi Broadcom Untungkan Apple

Netters, Google dan Microsoft bersama dengan beberapa perusahaan teknologi utama mengeluh kepada Qualcomm mengenai dampak akuisisi Broadcomm pada perusahaan tersebut.

Saat ini Broadcom memiliki kesepakatan saham $70 untuk Qualcomm, yang terdiri dari $60 tunai dan $10 dalam bentuk saham Broadcom. Sementara ada sumber yang mengatakan Qualcom bersedia menjual $80 per saham dan di atasnya. Sedangkan Broadcom ingin menempatkan kandidatnya sendiri untuk duduk di jajaran dewan direksi.

Kekhawatiran Google dan Microsoft

Google dan Microsoft peduli mengenai bayangan panjang yang didalangi Apple selama kesepakatan tersebut. Apple dan Qualcomm terjerat dalam sejumlah tuntutan dan hubungan antara keduanya begitu buruk. Perusahaan asal Cupertino tersebut dikatakan sedang mencari pemasok chip modem baru untuk model iPhone CDMA 2018. Saat ini chipset modem Intel digunakan pada iPhone varian GSM.

Microsoft telah mulai bersaing dengan Apple iPad dengan memproduksi serangkaian tablet atau laptop hybrid yang merupakan komputer Windows 10 pertama dengan chipset Qualcomm. Google juga telah memasuki arena ini dengan para produsen smartphone Android utama yang menggunakan chipset Qualcomm juga. Kedua perusahaan tersebut khawatir jika Broadcom membeli Qualcom, hasil merger perusahaan yang baru akan mengutamakan Apple dibanding kepentingan mereka.

Sebagai contoh, Chief Executive Broadcom Hock Tan kabarnya mengatakan bahwa dia optimis untuk menyelesaikan beberapa gugatan hukum dengan Apple jika perusahaannya membeli Qualcomm. Broadcom pun memiliki reputasi sebagai pemotong biaya, sehingga Microsoft dan Google khawatir merger tersebut akan secara tajam membatasi inovasi pada industri tersebut.

Sementara Qualcomm merasa senang Google dan Microsoft berada di pihaknya. Perusahaan tersebut tampaknya mengatakan kepada kedua perusahaan untuk tak terlalu vokal menentang kesepakatan tersebut kepada umum. Qualcomm ingin melihat apakah dapat memperoleh tambahan harga $10 per saham dari Broadcom. Sehingga membuktikan bahwa semua ada harganya.

(Visited 68 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.